Saat Jauh dari Rumah

Status dari ummi saya pagi ini menarik sekali sehingga membuat saya berfikir, apa ya yang membuat saya kangen dengan rumah? Hmmm. Lalu saya mencari-cari memori saat saya merantau dua tahun lamanya. Jauh dari rumah.

Pada saat itu, yang saya kangenin adalah berbicara. Bercerita. Salah satu hal yang bisa menyalurkan itu adalah dengan memilih siaran di Radio PPI Dunia. Kenapa berbicara? Yah, memiliki teman yang bisa kita ajak bicara menurut saya penting. Dan itu yang saya kangenin dari rumah.

Di rumah kami, kami biasa berkumpul santai setelah selesai dari sibuknya aktivitas saat itu. Ada yang les sampe sore, ada yang baru pulang kampus, Ummi pun bekerja dan lain-lain. Tapi biasanya saat setelah isya, kami bisa duduk-duduk atau bermalas-malasan di kamar Ummi. Biasanya sih dipimpin dengan Uki, kami ngisengin adek-adek kami yang masih kecil-kecil dan lucu (tenang de, bing, sekarang udah gede juga masih lucu kok). Dilanjut deh cerita ini itu.

Ada yang membuat nyaman, dan ternyata itu sulit didapatkan di luar rumah, apa itu? Ummi. Ummi saya adalah seorang pendengar yang baik. Walau pengalaman hidup beliau lebih banyak, tapi Ummi adalah orang yang membuat saya selalu merasa didengar dan diperhatikan. Apa yang kami ceritakan selalu didengar ummi dengan baik dan ditanggapi dengan pas. Yang kadang suka buat anak-anaknya tersanjung adalah ketika kami dilibatkan untuk memikirkan hal-hal yang penting baik di pekerjaan ataupun keseharian ummi.

Pertanyaan ummi di Facebook membuat saya berfikir, how great a mom is. Ibu itu memang luar biasa yah. Karena selalu ada tempat di hati anak-anaknya untuk seorang Ibu.

Leave a Reply

