TIPS PRAKTIKUM MME

(Tulisan ini dibuat untuk http://konversi.wordpress.com)

Praktikum MME sudah berjalan satu minggu. Pengalaman menjadi asisten ini adalah yang pertama bagi saya. Bagi praktikan, mungkin ini juga pengalaman pertama melaksanakan praktikum di laboratorium sebesar konversi. Sebagaimana kita tahu, praktikum MME seringkali memakan waktu yang cukup lama. Sayang sekali kalau kita tidak berhasil mendapatkan banyak manfaat darinya. Oleh karana itu, saya terinspirasi untuk membuat tulisan tentang tips meningkatkan kualitas berpraktikum kita. =)

Lama tidaknya waktu melaksanakan praktikum memang tidak bisa dijadikan sebuah indikator bahwa praktikum tersebut memiliki kualitas yang baik atau buruk. Namun sayang sekali kalau ‘lama’ tersebut terjadi karena ketidaksiapan kita melaksanakan praktikum. Sehingga ada baiknya kita melakukan persiapkan diri sebagai berikut:

  1. Sebisa mungkin mengerjakan Tugas Pendahuluan sendiri. Tugas pendahuluan yang dibuat sudah terstruktur dengan baik untuk membangun pemahaman kita tentang topik percobaan. Jawabannya pun cenderung mudah didapat di textbook. Pengalaman mengeksplorasi jawaban sendiri di buku adalah pengalaman membaca yang efektif dan tidak tergantikan dengan mendapatkan jawaban jadi dari orang lain. Kalaupun mentok, ajaklah teman, asisten atau dosen untuk berdiskusi.
  2. Membaca prosedur dan tujuan percobaan lagi dan lagi. Memahami keduanya memudahkan kita untuk lebih cepat ‘ngeh’ dengan jalannya percobaan serta lebih terarah.
  3. Menyiapkan log book. Tujuan menggunakan logbook adalah mendokumentasikan informasi yang relevan dengan percobaan. Ini terdengar sederhana, namun dalam kenyataannya, logbook yang terstruktur dengan baik dapat memudahkan kita selama dan sesudah percobaan. Target dalam tips nomor dua juga dapat tercapai melalui pendekatan ini.

Sedangkan selama praktikum:

  1. Safety first. Hal tersebut didapatkan dari pemahaman dasar teori yang baik, memperhatikan rating setiap peralatan (batasan arus, daya dll) dan mengurangi gerakan praktikan yang tidak perlu.
  2. Dokumentasi adalah 80% dari pekerjaan seorang engineer. Sebisa mungkin jangan pernah menghapus data dari logbook kita. Beberapa data mungkin salah, namun berikan sedikit coretan saja pada data tersebut sehingga masih tetap dapat dibaca. Data ‘yang salah’ mungkin dapat berguna untuk menyelesaikan permasalahan pengukuran atau bahkan bisa saja kembali menjadi data yang benar setelah dianalisis. Catat fenomena-fenomena yang terjadi untuk dijadikan bahan analisis dalam laporan.
  3. Dapatkan data yang jelas dan akurat. Jangan lupa mencantukan parameter-parameter yang tetap dalam mengambil sebuah data. Biasanya dalam percobaan kita mengamati pengaruh suatu parameter terhadap parameter lain. Dalam persamaan yang kompleks, pastikan parameter selain yang diamati dijaga tetap. Cara membaca alat ukur pun harus benar. Dalam alat ukur analog, pastikan kita tidak melihat jarum penunjuk dan bayangannya pada cermin sebagai dua bayangan yang berbeda.
  4. Bekerjalah sebagai tim. Berbagi pekerjaan menjadi sangat penting dalam percobaan. Satu-dua kali percobaan akan terlihat keahlian dari masing-masing anggota kelompok. Ada yang ahli mencatat, menggunakan alat yang hypersensitive, memimpin kelompok, membaca dari alat ukur dan lain-lain. Kalau sudah dapat terbaca, tinggal belajar bagaimana percaya kepada teman.
  5. Bandingkan terus data yang didapat dengan idealnya. Semakin sering kita melakukannya, sense engineer kita sedikit banyak akan terbangun.

Kemudian diakhiri dengan:

Diskusikan data dengan asisten atau teman sekelompok. Mungkin selama praktikum (terutama di awal-awal) kita belum bisa langsung menilai data yang kita dapat. Maka coba untuk meluangkan waktu bersama kelompok dan asisten mendiskusikan data. Sehingga analisa yang dilakukan di laporan lebih terarah. Waktu pengumpulan yang relatif singkat (satu hari), membuat momen ini akan sangat membantu. Hanya dibutuhkan waktu 3-5 menit untuk melakukannya.

Masih banyak hal yang dapat kita eksplorasi bersama untuk terus memperbaiki kualitas berpraktikum kita. Semoga tips di atas dapat dengan mudah diaplikasikan dan memberikan nilai lebih untuk praktikum kita kedepan!

Salam santai,

Adinda Ihsani Putri

Referensi:

http://physics.wm.edu/~inovikova/phys251/manual/logbook.pdf

http://www.uah.edu/writing/Word_files/lab_tips.doc

FABIAYYIAALAAIRABBIKUMAATUKADZIBAAN

Saya ini adalah sesosok mahluk yang gemar mengeluh dan merasa tidak cukup. Bahkan seringkali, hal tersebut membuat risih beberapa orang terdekat saya. Sampai akhirnya, saya diingatkan oleh seseorang, sekaligus beliau menjawab pertanyaan mengapa saya sering merasa tidak bahagia. Rupanya… Sebaris ayat yang diulang-ulang di surat Arrahman saja jawabannya.

Mengapa barang yang sama dinilai kurang oleh seseorang dan dinilai luar biasa oleh yang lain? Ternyata hanya sebaris saja jawabannya.

Mengapa yang kurang itu jarang disyukuri kemudian dianggap bukan berkah? Dan hal luar biasa itu pada akhirnya menjadi hal yang biasa-biasa saja karena seringnya hadir di kehidupan kita? Dan kemudian lupa kembali untuk disyukuri. Hanya sebaris saja jawabannya.

Manakah yang lebih baik? Sesuatu yang kita anggap baik? atau yang bagi-Nya baik untuk kita? Hanya sebaris saja jawabannya.

Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang engkau dustakan?

LET’s BACK TO FITRI

Dari judulnya saja sudah ketebak ya saya mau ngapain? =)

Ya, hari kemenangan itu segera tiba. Saya, Adinda Ihsani Putri, memohon maaf atas segala khilaf kepada siapa saja yang mengenal dan dikenal. Ucapan saya, tindakan saya, dan hal-hal lain dari saya yang pasti pernah menyakiti hati teman, saudara, kerabat. Mohon dimaafkan… Insya Allah melalui pelatihan di bulan ramadhan ini, menjadikan setiap kita diri-diri yang taat. Amiin.

Taqobalallaahu minna wa minkum, Shiyaamana wa shiyaamakum.

Minal aidin walfaidzin.

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1429 H…

BACA INTRODUCTION

Sudah beberapa kali pertemuan dengan dosen saya di kuliah Elektronika Daya. Mungkin beberapa orang bisa langsung ngeh siapa dosen ini. Elektronika Daya di ITB. Siapa lagi? Hehe.

Ada hal yang unik di kuliah ini. Dosen saya selalu memberikan beberapa pertanyaan sederhana. Mengapa begini, mengapa begitu. Nah, yang menyedihkan, yang bisa dijawab dengan tepat oleh para mahasiswanya sedikit sekali. mungkin 1 dari seribu pertanyaan. (Haha. yang ini mah bener-bener berlebihan). Walaupun pertanyaan-pertanyaan sulit, tapi kami-kami tidak putus asa untuk mencoba menjawabnya. Sering dibilang ngawur tapi sama bapak dosen.

Ujung-ujungnya, gak ada yang tepat menjawab, terus dosen kami diam. Menatap kami tajam. dan LAMMA. Membuat kami senewen…

Kalian ini sudah lulus mata kuliah A, B, C dan D kan? Gimana sih, kalian itu lulus, tetapi tidak mengerti… Saya kan mengasumsikannya anda-anda sudah lulus mata kuliah A, B, C dan D. Masa pertanyaan-pertanyaan standar seperti ini saja anda tidak bisa menjawab…

krik… krik…

dan sejenak kemudian beliau menjelaskan jawaban yang tepat. Haduh, pak, pusing ya punya mahasiswa kayak kita-kita ini. Males baca, pengennya lulus ujian ajah. Hehe. Tapi kuliah itu jadi inspired banget buat saya. Beberapa pertanyaan ternyata benar jawabannya pernah diajarin ma dosen saya sebelum-sebelumnya. Cuman emang dasar sayanya yang gak ngeh dan kurang pay attention di hal-hal filosofi nya. Hajar soal ajah!! He. Jadi malu. (*.*)

Kalian nih, mbaca buku langsung contoh soal aja kayaknya. Makanya gak ngerti-ngerti. Kalau baca buku itu coba baca INTRODUCTION nya. Sehingga dapat filosofi mengapa mempelajarinya.

OK Pak! Sip lah… Makasih banyak atas nasihatnya…

Cobain deh. Insya Allah lebih paham ma apa yang dipelajarinya, lebih menjiwai. Alah! Serius!

You Make My World So Colourful

Morning sunshine in our room
Now that room is back in tune
Autumn start this day with a smile
And laugh at my beautiful love one
Who’s lying besides me

You so far away in your sleep
Who can tell what dream you may dream
You dont know that I was drawing
With my finger on your sweet young face
Vague as a meaning words

[*]
You make my world so colorful
I never had it so good
My love I thank you for all the love
You gave to me

Like a summer breeze so soft
Like a rose you bring me near
And I kiss your lips so sweet
Soft like the rain and gentle as
The morning dew in may

Though they said that I was wrong
But thank god my will so strong
I got you in the palm of my hand
Everyday they tried to put me on
But I laugh at those who tried to hurt our love

[* Repeat Till Fade]

Dedicate for u! Yes you! (^_^)