Pertolongan Pertama Bagi Muslim Lapar di Korea

Ini tulisan gtau penting atau gak. Tapi saya berdoa, semoga ini penting buat temen-temen muslim yang dateng buat jalan-jalan di Korea. Asumsi saya, biasanya kalau yang dateng jalan-jalan, dan ia muslim, suka kebingungan untuk makan-makanan Korea. Gak semua makanan di Korea itu mengandung babi. Kalau bisa bertanya menggunakan bahasa lokal, mungkin mudah. Tapi kalau turis kan biasanya boro-boro yah ngomong Korea. Kalau nyanyi Korea mungkin banyak yang bisa.😀

Dah ah, kepanjangan prolognya.

Intinya, ada nih beberapa makanan yang bisa menyelamatkan turis muslim kalau lagi terdampar entah dimana di bagian Korea. Mungkin ini gak banyak. Tapi, lumayan lah yah. Insya Allah bisa ditemuin dimana-mana.

  • 간짬뽕 (kan-cam-pong)
Ini adalah mie goreng instan dalam bentuk cup. Rasanya lumayan ngendonesa dan bisa ditemukan di Family Mart dan mungkin di minimarket lain seperti 7-11, GS21, dan lain-lain. Cuman emang yang selalu ada di Family Mart. Dan Family Mart ini ada dimana-mana. Jadi sesuai dengan judul di atas. Lumayan lah untuk pertolongan pertama kelaparan. Porsinya juga gak seirit Pop Mie kita. Rasanya agak pedes.
  • 새우탕 (se-u-tang)
Yang ini juga sama mie instan cup. Tapi ini mie rebusnya. Rasa udang. Ini lebih gampang ditemuinnya dibanding kan yang sebelumnya. Ada dua ukuran yang pernah saya temui, yang kecil atau yang gede.
  • 참치마요네즈김밥 (cham-chi-ma-yo-ne-jeu-kim-bab)
Nah, kalau orang Indonesia kayaknya kurang nggangjel yah kalau belum maakan lontong. Hehe. Maksudnya nasi. Sesuatu yang mengandung nasi. Kalau mie mah, jiah, semenit!!! Kkkkk. Nah, buat temen-temen yang camilannya itu harus nasi. Atau si pengganjel itu harus nasi. Bisa cobain ini. Kimbab. Nah, tapi perlu diinget, kimbab ini gak semua halal. Karena orang sini demen banget nambahin “ham” di kimbab. Kalau udah bisa bahasa korea sih enak, tinggal baca mana yang ada hamnya. Mana yang gak ada hamnya. Atau kimbab ini biasanya juga dibuat fresh. Jadi bisa bilang, jangan dikasih ham. Tapi sekali lagi, kalau turis mah pengennya yang gampang aja lah yah.
Nah, yang gampang itu, lari ke mini market terdekat (di Korea dimana-mana biasanya pasti ada minimarket), terus cari deh makanan ini. Namanya seperti yang udah disebutin di atas. Jadi ini kimbab rasa tuna yang dikasih mayonaise. Cuman ini aja Din yang halal? Ada juga yang lain. Tapi ini yang paling aman. Ada soalnya tuna lain yang pedes ternyata ada tulisan mengandung daging babi. :O Jadi ya, paling aman beli tuna yang dikasih mayonaise. Bentuknya bisa bulet dan bisa segitiga. Sejauh ini yang bentuknya segitiga bener-bener aman dari babi. Tapi kalau yang bulet, biasanya ada ham. Nah, kalau mau yang bulet, tapi aman. Jangan coba yang lain yah selain yang saya tunjukin ini.
  • 떡볶이 (tok-po-ki)
Waktu pertama kali dateng ke korea, ini jajanan pertama yang saya coba. Dan waktu itu sih saya ngerasa kalau ini rasanya cukup ngendonesa. Jadi tokpoki ini itu dibuat dari tepung beras. Bentuknya kenyal-kenyal bulet panjang gitu. Terus dikasih saus. Biasanya ada gorengannya. Jadi makannya dicampur sama gorengan. Kalau tokpokinya mah insya Allah halal. Tapi gorengannya ini yang mesti dicek and ricek.
Tokpoki ini kayaknya sih kayak orang jualan gorengan di Indonesia. Ada di jalanan make dorongan, ada juga di toko. Dan relatif sering dijumpai di Korea ini. Bagaimana penampakannya? Nah, sila coba liat gambar di bawah ini.
  • 오뎅 (o-deng)

Nah ini yang terakhir. Ini lebih parah dibandingkan yang lainnya dari segi frekuensi mudah ditemukannya. Apalagi kalau lagi musim dingin. Pasti gampang banget nemu ini dimana-mana. Di jalanan. Jadi ini lebih parah dari tokpoki soal kemiripan sama gorengan di Indonesia. Ini tuh bahasa gahulnya fish cake. Jadi dia ditusuk2 trus direbus. Nah biasanya ada dua macem. Yang biasa sama yang pedes. Kalau yang pedes dikasih saus macam tokpoki gitu. Kira-kira beginilah penampakannya.

 

Begituuuuuu. Semoga cukup membantu menolong para turis muslim dengan duit pas2an dan perut lapar.😀 Agak menyedihkan sih kalau makanan-makanan ini jadi makanan beneran bukan snack. Tapi gimana dong? Laperrr. Kkkk. Kecuali kalau pas ke Korea dah cas cis cus banget bahasa koreanya. Barulah enak, bisa banyak pilihan makanan dan lebih bergizi.

4 thoughts on “Pertolongan Pertama Bagi Muslim Lapar di Korea

  1. aci says:

    Itu mie instannyaa dah jelas halal ya mbk? Soalnya wktu k thai pernah bl mie gt an, gda tlsan pork nya sih tp gda tlsan halalnya juga..trus pas ktmu muslim dsana n cerita katanya ttp aja g jelas kehalalannya (padahal mie nya enak dan smpet kmakan 2x..huks)
    Trus saya pngen nih k korea..klo everland t kaya ancol gt y?wahananya seru2? Klo mei gt cuacanya lagi enak g y mbk?

    • wallahualam sih. ini ikhtiar saya aja. ngecek baan2 yg mungkin mengandung haram. misalnya bahan2 emulsi yang mungkin ada babinya atau make bahan kaang2an. atau dari kandungan bumbu sendiri, ada kandungan hewaninya macam sapi, babi atau lainnya selain seafood atau gak. karena di korea sendiri setau saya, lembaga seperti MUI nya belum merambah ke semua makanan. jadi emang harus dicek dari bahan2nya. dan biasanya di sini, si prodsen suka nyertain kalau satu produk dibuat secara bersamaan atau sepabrik dengan bahan2 tertentu, termasuk jelasin kalau itu barengan ma babi atau gak, walaupun si makanannya sendiri ak mengandung. dan insya Allah yang di tulisan ini semua gitu. bebas dr pork n lain2 y diharamin.

      everland iya kayak ancol. wahananya seru lah lumayan. tp kl saya cuman tertarik sama t-express nya. kl mei lagi enak. cuacanya. mirip di Bandung kali yah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s