Marital Success Training (Part 5)

Berikutnya adalah masalah komunikasi. Seringkali orang mengartikan komunikasi ini dengan ngobrol. Padahal ada banyak cara berkomunikasi. Cara yang suka kurang diperhatikan ini adalah gestur.

Maka saat itu kami diminta untuk mengenali gestur masing-masing kami saat kai sedang low bat. Sedang rendah self worth nya. Sedang sedih. Bagaimana postur tubuh saya saat lowbat? Apa yang selama ini dilakukan orang untuk mengurangi kesedihan saya? Apa yang sebenarnya saya inginkan orang lakukan agar saya segera pulih dari kesedihan saya?

Nah, awalnya kami menulis berdasarkan refleksi pikiran kami. Lalu setelah itu saya dan suami disuruh ke depan. Saya disuruh memperagakan postur tubuh saya, ekspresi saya ketika lowbat. Maka saya memilih untuk tiduran serelaks mungkin. Dan melihat ke atas. Ngelamun.

Lalu Pak Asep menanyakan kepada saya, apa yang biasanya orang lain lakukan. Ibu saya lakukan. Lalu saya ceritakan. Dan seingat saya biasanya butuh waktu paling cepat 3 jam untuk kembali normal. Lalu Pak Asep bertanya mau gak belajar yang lebih cepat? Maka suami diminta untuk mengeksplor tubuh saya. #posotiveyaotaknya

Lalu suami saya diminta hadir di samping saya. Kemudian suami diminat memegang tangan saya. Dan ekslporasi lainnya. Rupanya saya menemukan, oh, ternyata kalau saya lagi lowbat, saya pengenna, nyamannya diginiiin, yaitu sesuai hasil eksplorasi sama suami tadi. Dan itu jauh lebih cepat membuat saya nyaman dibandingkan solusi yang selama ini saya pikir itu cukup untuk membuat saya lebih nyaman.

Nah, pelajaran yang saya dapat adalah kadang kita juga kurang mengenali kebutuhan kita. Makanya perlu latihan. Bersama dengan pasangan mengeksplor. Kira-kira kalau lagi lowbat itu, saya ciri-cirinya apa nih? Yang kami harapkan apa nih dari pasangan ketika kami lowbat sehingga kami merasa nyaman, dipahami? Eksplor! Eksplor! Karena apa? Bisa jadi beda-beda tiap orang bagaimana gaya lowbatnya. Dan kebutuhannya terhadap stimulasi orang di sekitarnya untuk membuat dirinya lebih baik. Peer yah!! šŸ˜€

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s