Wonderful Pregnancy and Give Birth

Tadi siang, karena gabisa ikutan tidur sama anak-anak, akhirnya saya buka-buka website andalan saya buat ngikutin perkembangan kehamilan dan anak-anak, babycenter. Disana saya tonton ulang video-video tentang melahirkan. Pas hamil Khaleed, nonton video-video itu malah bikin was-was, karena takut sekali sama sakit dan resiko ketika melahirkan. Sekarang, setelah melahirkan dua anak, saya merasa, wow, amazing yah ternyata hamil dan melahirkan itu.

Kalau ada yang bilang, ngelahirin itu gak sakit, bohong. Haha. Kecuali kalau make epidural yah. Itu pun sebenarnya masih sakit, karena epidural diberikan ketika bukaan dah lumayan banyak. Cuman yang bikin saya kagum sama proses melahirkan adalah, bener loh! Sakitnya sakit ngelahirin itu tetap membahagiakan. Sekarang kalau disuruh bayangin sakitnya pas mules-mules bukaan dan ngelahirin, ya inget, itu sakit. Tapi ingetnya sambil senyum-senyum bahagia. Bingung kan? Mengingat sakit, tapi bahagia.

Beda gitu sama inget-inget jaman dulu dioperasi diambil mata kaki. Ingetnya sambil berasa gitu ngilu-ngilu di kaki bekas jahitan-jahitannya. Terus walaupun di awal belum pernah ngelahirin, ngeliat video ngelahirin macam mengerikan, tapi ternyata pas dijalanin, percaya, gak percaya, ternyata bisa juga melaluinya.

Pas setiap awal menyusui, pasti saya mah ngalamin yang namanya lecet-lecet dulu di puting. Malah ada masanya berdarah. Terus sempat bengkak-bengkak karena mungkin supply nya banyak, tapi minum anak-anakku gak sebanyak supply nya. Dinikmati. Dan akhirnya bisa nyusuin nyaman, setelah 1-2 minggu, itu juga bikin saya amazed. Wah, ternyata saya bisa melaluinya.

Disitu, saya mikir, emang proses hamil dan melahirkan dan juga setelahnya itu memang benar-benar anugerah yah. Luar biasa. Bahagia. Sekarang jangan terjebak pada drama indahnya proses-proses itu. Karena tantangan ke depan dalam mendidik anak-anak membutuhkan lebih banyak energi dan fokus supaya tetap bisa melalui semua tantangannya dengan baik dan benar, diakhiri dengan indah. Layaknya hamil, melahirkan dan menyusui.

Ya Allah terimakasih atas anugerah dua anak ini. Berilah saya kekuatan untuk mendidik mereka menjadi insan yang mulia di hadapan-Mu. Menjadi rahmatan lil alamiin.

Leave a Reply

