Mencintai Obgyn-Obgyn Pilihan

Hihi. Ini judulnya rada geuleuh gimana gitu yah. Tapi dari dua kali melahirkan, saya benar-benar merasa puas dengan dua Obgyn yang membantu saya. Mari kita ceritakan satu per satu. Mulai dari anak pertama…

dr. Jae Sung Choi. Seorang Obgyn laki-laki di Motaean Women Hospital, Cheongju. Pertama kali ketemu Obgyn ini dikarenakan di antara Obgyn-Obgyn di RS itu, hanya beliau yang berani melayani orang asing dan berusaha berbahasa Inggris. Orangnya ramah sekali. Murah senyum.

Setiap kali periksa, beliau selalu memberikan informasi yang berharga. Gak cuman okai-okei. Baik-baik saja. Tanpa ditanya loh. Jadi beliau yang pro aktif memberikan informasi kehamilan. Terus kalau diperhatiin sebenarnya dia juga gak jago-jago amat bahasa Inggrisnya, tapi he tried his best to serve us. Kadang dia buka HP untuk nunjukin apa yang dia maksud.

Selain keramahan dan kerasnya usaha dia untuk memberikan informasi yang benar, beliau juga seorang Obgyn yang bikin bumil merasa tenang. Setiap saya menjelaskan keluhan atau kekhawatiran, beliau selalu bisa menjelaskan dengan baik hal-hal yang saya keluhkan dan kemudian membuat saya merasa, oh, wajar, gapapa, nikmatin aja.

Sebelum melahirkan, beliau berpesan, bisa jadi saat kamu melahirkan, saya gak disini, tapi saya yakin kamu akan baik-baik saja. Dan pas waktunya melahirkan, gak disangka beliau menyengajakan diri datang *padahal katanya kalau lagi gak disitu, akan sama dokter lain. Terharu.*. Senang banget rasanya karena tenang, dokter yang membantu adalah dokter yang paham riwayat kehamilan saya. Selama proses melahirkan pun, beliau memberikan motivasi yang menenangkan. Kalem gayanya. Setelah melahirkan pun, beliau menyapa dan memberikan selamat dengan hangat dan ramah. Ah, pokokya indah lah ditutupnya kisah kasih melahirkan Mas Khaleed sama dr. Choi ini. Thanks dr. Choi!

Berikutnya kisah Obgyn kedua, dr. Irna. Gimana yah jelasinnya. Pertama kali ketemu dokter satu ini sebenarnya bukan pas hamil Alisha. Tapi pas saya sempat pingsan karena KB saya lepas sendiri dan membuat saya pendarahan. Pas pertama kali ketemu sebenarnya hanya karena yang pas lagi praktek disitu siapa aja, dan yang gak ngantri banget, begitu kira-kira saya rikues di FO RSIA Limijatinya. Tapi di pertemuan pertama itu, saya ngerasa, ih asik banget sih nih dokternya. Ngebuat saya ngerasa kenal dah lama sama beliau. Cantik pulak dan murah senyum. Dan saya suka satu hal, dia menyapa saya dengan, Adinda, dari awal periksa.

Ketika cek hamil Alisha pertama kali, saya gak ke dr. Irna, tapi ngikutin rekomendasi banyak orang ke salah satu profesor di Bandung yang beken. Tapi karena bekennya, ngantrinya gak logis. Beberapa kali ke dokter buat periksa, bawaannya gak semangat karena dah ngebayangin ngantrinya, susah parkirnya dan pas ketemu juga rasanya biasa aja, gak berkesan. Trus resepnya pasti mahal-mahal. Jadi intinya, kurang begitu sreg aja. Walaupun secara keilmuan saya yakin sih nih dokter pasti yoi banget.

Akhirnya setelah menggalau beberapa bulan, saya memutuskan ke dr. Irna. Ah, senang, antrinya logis. Dan pas ketemu beliau, bener serasa kenal dah lama gitu. Santai. Dan bisa ngobrol ngalir ini itu tentang kehamilan. Setiap ada keluhan juga dijelaskan dengan pas dan jelas gimana cara ngeghandlenya. Dan most of her advices do really work! Walaupun jam kontrolnya jam 7 pagi di hari Sabtu, tapi setiap mau kontrol kehamilan rasanya semangat 45 dan bahagia. Semakin yakin lah, udah sama Obgyn ini aja. Saya lebih perlu dukungan psikologis.Yang membuat kehamilan menjadi indah dan menyenangkan.

Meskipun secara psikologis, beliau menenangkan dan membahagiakan, tapi saya juga ngecek sih keahlian beliau. Begitu tahu kalau beliau sering diminta menggantikan sang prof ketika berhalangan, saya jadi semakin mantap dengan pilihan Obgyn saya ini.

Pas melahirkan pun, benar-benar supportive banget secara mental. Saya berniat untuk senormal-normalnya pas melahirkan anak kedua ini. Pas pertama kan ada epidural dan induksi, kalau bisa mah yang kedua ini benar-benar pengen ngerasain sespontan-spontanya. Kumaha sih sakit dan nikmatnya. Jadi emang ada perasaan takut dengan sakitnya. Tapi dengan dukungan dr. Irna saat mulai bulak-balik RS untuk cek bukaan, perasaan takut itu hilang menjadi perasaan gak sabar nunggu proses lahiran sebenarnya.

Pas disuruh pulang dua kali pun, meskipun awalnya kecewa, tapi ternyata maksudnya biar gak kelamaan mules-mules di RS, saya jadi ngerasa eh bener juga kata dokter. Mendingan mules-mulesnya di rumah aja. Jadi pas dateng benar-benar dah siap melahirkan. Gak asik loh nunggu di RS. Kira-kira gitu lah maksudnya beliau.

Di ruang bersalin suasananya pun santai, rileks. Cara beliau memandu dan menjelaskan setiap proses pun berasa kayak bukan orang lain yang bantuin lahiran. Tapi berasa ibu sendiri. Pas abis lahiran, entah kenapa kebayang terus baiknya dokter ini. Sampai saya jadi pengen jadi dokter. Kkkkk. Pengen kayak dr. Irna. Senang kayaknya ketemu banyak orang, beramah tamah, membantu persalinan dan orang yang dibantunya merasa puas dengan bantuan kita. Duh, kenapa milh elektro sih padahal dulu tes psikologi disuruh ke kedokteran, kedokeran gigi dan teknik sipil. *udah-udah. ini udah kejauhan bahasannya Nda! >_< *

Di akhir pas kontrol abis melahirkan, saya pengen banget mengabadikan foto-foto Obgyn ini. Dr. Choi dan dr. Irna. Dan? Berhasil! Haha. Gak penting sih, tapi saya bahagia aja dan pengen ngabadiin dua Obgyn ini. Saya merasa berterimakasih banyak. Allah, makasih yah dah kirimin orang-orang baik buat bantuin fase-fase penting dalam hidup saya.

Terus tambahan cerita gak pentingnya, suatu malam pas lagi ngomongin cita-cita Mas Khaleed si Bunda terobsesi punya anak dokter tiba-tiba. Haha. Ampun deh. Gak bisa move on banget dari pengalaman bersama dua Obgyn ini. *Udah semakin gak penting postingannya* Wassalam!

2 thoughts on “Mencintai Obgyn-Obgyn Pilihan

Leave a Reply

