Hafalan Surat Khaleed

Saya bukan orang tua yang baik sepertinya. Karena tidak pernah memimpikan anak saya untuk jadi hafidzh dan mengupayakan berbagai cara untuk anak saya bisa menghafal. Tapi akhir-akhir ini saya baru terketuk. Betapa dzalimnya saya kalau potensi anak untuk menghafal itu ternyata besar banget dibandingkan kita-kita yang udah tua. Ketika Khaleed dengan sendirinya menghafal Al-Quraisy dari hasil main-mainnya di tab. Dengan tajwid yang baik dan nada yang enak didengar.

Nah, lalu saya mencoba mendaftarkan Khaleed ke kelas tahfidz. Namun feedback yang didapat adalah Khaleed gak mau mengikuti. Hah? Moso? Itu yang pertama ada di pikiran saya. Lalu saya coba ngetes Khaleed beberapa surat yang dia hafal saat dulu pas umur 2 tahun saya leskan tahfidz di tempat yang berbeda. Dan saya amazed, masih hafal ternyata.

Setelah itu saya coba ngobrol sama Khaleed. Leed, kita hafalin surat-surat yuk. Kita coba setiap abis maghrib. Ternyata gaya belajar Khaleed itu gabisa duduk diem, terus disuruh ngikutin lantunan ayat yang saya ucapkan. Dia senang melakukannya sambil main balok, kereta dan mainan lain. Nah, tapi saya capek ngikutinnya. Akhirnya saya punya cara, memindahkan jadwal hafalannya ke beberapa menit sebelum tidur. Kan posisinya dah enak. Diem dan tiduran. Alhamdulillah berhasil.

Progressnya pun lumayan. Saya mikirnya gapapa lah sehari 1 ayat atau 2 hari 1 ayat, asal konsisten, insya Allah nambah terus. Saya juga jadi semangat buat benerin tajwid bacaan saya karena bisi Khaleed jadi salah panutan. Harusnya Ayahnya nih yang ngajarin, tapi Ayah nya jauh. Dan kalau pun weekend, pengalaman Ayah dimintain tolong nidurin Khaleed, biasanya malah Ayahnya yang dikelonin Khaleed, alias tidur duluan. Jadi yasudahlah, sama emaknya aja yang gak jago-jago amat ngajinya ini.

Gak berasa udah sekitar 2 bulan dijalanin, dah dapet 5 surat. Ayo Bun!! Semangat! Kalau gak progress ini mah beneran salah emaknya banget lah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s