Kata-Kata Pak Habibie “Membudaya” Bikin Galau

Mimpi semua orang tua kali yah punya anak yang berhasil (dengan definisi masing-masing tentunya). Dan saya selalu penasaran tentang gimana sih seseorang dididik sehingga dapat menjadi seperti yang saya lihat sekarang, dengan kelemahan dan kelebihannya.

Salah satu tokoh yang saya kagumi di Bumi Pertiwi ini adalah Eyang Habibie. Eyang Habibie ini emang ada di hati saya. Saya senang karena dia ekspresif, cerdas luar biasa, konkrit, religius dan sepertinya memiliki kualitas hubungan yang baik dengan orang-orang penting di hidupnya.

Lalu ada kata-kata dari Pak Habibie yang membuat saya galau. Galau kenapa? Karena saya merasa dalam beberapa hal terlalu cuek dan jadi terkesan lucu-lucuan aja. Jadi pas ditanya tentang apa peran Ibu dan Istri? Beliau menjawab, bukan masalah berhasil nyekolahin dia ke Jermannya. Tetapi lebih ke sikap kerja dia yang dia rasa hasil pembudayaan Ibundanya. Kemudian dilanjutkan oleh Istrinya sehingga bisa menghantarkan dia ke gerbang cita-cita idealnya.

Luar biasa, ternyata peran sebagai Istri dan Ibu menjadi sangat penting bagi Eyang Habibie. Dan yang paling ngeri adalah sebagai Ibu yang soal “membudayakan”. Jadi yang terekam di Eyang Habibie tentu bukan hanya kata-kata sang Ibu. Melainkan keseluruhan dari Ibunya yang mendidik beliau, membiasakan beliau dengan hal-hal penting, nasehat-nasehat beliau yang terekam dan yang paling berat, adalah menjadi teladan bagi Eyang Habibie sehingga nilai-nilai itu membudaya di diri seorang Eyang Habibie.

Budaya itu berat. Karena merupakan proses yang tidak instant. Perlu konsistensi. Dan itu yang paling sulit dalam hidup.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s