Kebahagiaan

Dalam kuliah filsafat hari ini, sejujurnya saya tidak mengerti isinya secara keseluruhan. Namun ada hal menarik yang saya temukan. Bahwa ada pemikiran seorang pemikir jaman dahulu, tentang kebahagiaan.

Apakah kebahagiaan itu uang?

Apakah kebahagiaan itu achievement?

Atau apa?

Ternyata kebahagian itu bisa juga ketika seorang manusia berhasil memerankan fungsi nya dengan baik. Misalnya ketika seorang guru mampu mengajar dengan baik, murid-muridnya tertarik dengan materinya, mereka belajar keras untuk itu, mendapatkan nilai yang baik, lalu besarnya menjadi orang yang berguna, maka seorang guru merasa bahwa dirinya sudah berfungsi dengan baik.

Seorang istri ketika melihat anaknya tumbuh sehat, cerdas dan baik perilakunya karena ia telah mendidiknya selama ini, maka dia akan bahagia.

Seorang montir yang berusaha keras untuk meningkatkan performa kendaraan dan ternyata berhasil. Sehingga kendaraan tersebut dapat digunakan oleh pemiliknya dengan nyaman dan aman, maka seorang montir akan bahagia. Karena dia menjalankan perannya dengan baik.

Mari kita menjadi berbahagia dengan memerankan setiap fungsi dan peran kita selama kita hidup ini. Jangan jadi orang menyedihkan yang gagal bertanggung jawab dalam memerankan fungsi kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s