Baymax

Lagi. Cerita sedikit tentang Baymax. Hehe.

Saya punya kegiatan rutin setiap hari Jumat pagi, yaitu seminar mingguan. Disitu saya melihat berbagai riset yang sedang dikerjakan mahasiswa S3 STEI angkatan 2013 dan 2014. Terus kenapa?

Terus disana saya merasa bahwa si Baymax itu ternyata menyatukan banyak teknologi yang sedang diteliti orang-orang saat ini. Tetapi versi berhasilnya dan dah kerennya. Teknologi apa saja?

Banyak sepertinya. Tapi saya list yang menurut saya menarik aja yah. Sebelumnya saya meminta maaf kalau penyebutan teknologi ini salah. Saya hanya menyebutkan yang saya tangkap dari presentasi teman-teman saya itu.

  • Image Processing

Jadi untuk baymax membedakan manusia satu dan manusia lain. Benda satu dengan benda lain. Ternyata gak mudah ya. Melihat teman saya riset untuk membedakan jenis-jenis apel aja ribetnya begitu. Gak kebayang ini si Baymax bisa tahu si ini Hiro, ini Tadashi, ini temannya siapa and so on and so on.

  • Knowledge Management

Baymax bisa belajar dari pengalaman. Artinya dia punya otak yang bisa berkembang. Dan kalau otak pemberian Tuhan mah, yaudah yah kita gak ngerti pun kita bisa pake. Nah si Baymax ini punya sistem otak. Dimana knowledge nya bisa bertambah dan berkembang, itu kan harus dicoding. Harus paham neuroscience gimana otak bekerja saat menerima informasi. Gimana ngesavenya? Dimana ngesavenya? Gimana manggilnya lagi? Wow! Keren nih si Baymax.

  • Material

Bahan robot yang unik. Jadi si bahan putih-putih itu kan sepertinya kuat yah. Tapi lentur juga. Ah, keren. Walaupun saya gak ngerti material, tapi saya rasa ini teknologinya keren abis.

Semakin sok aja deh kalau Khaleed mau nonton ini berulang-ulang. Kali aja jadi imaginasi dia suatu saat nanti. Terus tiba-tiba doi punya bengkel oprek pengen bikin robot ini atau itu. Haha. Ngayal ya Bun. Gapapa lah. Semua diawali dengan mimpi. Tapi serius mas, kalau mau jadi ahli hukum juga gapapa kok. Bunda hanya bisa mengenalkan menariknya dunia teknik elektro dan informatika aja lewat film ini. Hehe. Sudahlah kicauan pagi ini tentang Baymax. Baymax is way too cool!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s