Mengenalkan Anak Kepada Kehidupan Nyata

Mungkin tahun 2011, pertama kali saya memiliki smartphone dengan layar sentuh yang bikin nyaman untuk menyelami dunia digital. Tetapi buat anak saya, Khaleed, sejak umur beberapa hari, dia sudah dapat menikmati lantunan lagu “Blue is The Color” nya Chelsea. Yup, kehidupan anak-anak zaman sekarang sudah bukan hanya dekat dengan gadget, bahkan menyatu.

Masalahkah? Saya mungkin tidak terlalu paham. Namun, yang saya pahami, segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik. Dan sayangnya, gadget seringkali membuat orang menjadi berlebihan. Lupa waktu, lupa orang di sekitarnya, lupa makan, dan masih banyak lagi. Menghabiskan banyak waktu di depan gadget, menghilangkan momen dimana kita melihat dunia nyata. Yang mungkin lebih sedikit kebohongannya, ilusinya.

Ketika sejak lahir saja saya tidak merencanakan mengenalkan gadget kepada anak saya, tetapi dia sudah pasti mengenal. Tentu yang harus direncanakan saat ini adalah mengenalkan kehidupan nyata kepada anak saya. Ya, Khaleed harus dikenalkan merasakan, melihat dan mendengar di kehidupan nyata.

Khaleed harus diajarkan mengunjungi teman, kerabat dan saudara. Khaleed harus diajarkan bermain tatap muka dan berinteraksi langsung dengan teman-temannya. Mari dibuat rencananya.🙂

Leave a Reply

