Riset Apa Sih Nda?

Baiklah, ini adalah postingan ketiga saya hari ini. Karena hari ini ada agenda di luar kampus yang menyita waktu, akhirnya saya memilih untuk menulis saja hari ini.

Nah, akhir-akhir ini sekarang saya seringkali ditanya oleh teman/saudara atau kerabat dekat. Din, lagi S3 ya? Penelitiannya tentang apa? Here it is. I’ll share mine to you.

Jadi sebenarnya saya sendiri masih belum menentukan topik riset yang sangat detail dan tajam. Namun dengan bantuan pembimbing, kami sepakat untuk meneliti tentang microgrid. Karena microgrid masih terlalu umum, maka tugas saya sekarang adalah mencari topik riset yang detil dan tajam di bidang ini.

Untuk itu saya sedang mencari-cari. Pencairan awal dimulai dengan me-review beberapa paper yang berkaitan dengan berbagai tipe kendali arus. Ada kendali hysteresis, linear dan predictive. Ketiga jenis itu saya review satu-satu untuk kemudian saya cari apa yang menarik untuk diteliti di ketiga jenis kendali arus tersebut.

Kenapa kendali arus? Karena pada bidang elektronika daya, banyak sekali aplikasi yang menggunakan kendali arus. Seperti pada kendali motor listrik, microgrid, mobil listrik dan lain-lain. Nah, kualitas kendali berbagai aplikasi tersebut ditentukan oleh kualitas kendali arusnya.

Apa yang dilakukan saat kamu bilang sedang riset kendali arus? Yang dilakukan adalah mencari, mensimulasikan dan melakukan percobaan untuk mengendalikan arus (entah itu masukan atau keluaran) suatu peralatan elektronik sehingga bentuk dan besaran arus sesuai dengan keinginan kita. Kalau di rumah tangga, kita ingin arusnya berbentuk sinusoidal dengan frekuensi sekian dan amplitude sekian, ternyata perangkat elektronik tanpa pengendali yang baik menghasilkan misalnya, bentuk yang gak murni sinus. Atau nilai yang gak nyampe sekian. Dan mungkin frekuensi yang gak selalu 50 Hz. Nah, itu deh PR nya.

Sekian dan terimakasih. Jangan lupa doakan agar dari riset ini bisa dihasilkan publikasi (paper dan jurnal) yang memiliki impact yang besar. Aamiiin.

Leave a Reply

