Fokus Belajar dan Bekerja

Jujur, saya bukan tipe yang ikut-ikutan membela satu kubu dalam situasi politik hitam putih saat ini. Kondisi politik sekarang ini menurut saya lucu. Saya lebih menangkap ini seperti orang-orang yang selalu mencari keburukan orang lain untuk menjatuhkan. Buat apa? Buat Indonesia lebih baik? Saya rasa tidak.

Kalau memang niatnya mencari kekurangan dan menjatuhkan, berani bertaruh, akan selalu ditemukan. Tetapi masalahnya, hal tersebut seringkali hanya membuat kita berjalan di tempat. Bahkan bisa-bisa mundur. Esensi kebaikan yang dijual pun akhirnya bisa hilang. Saya akhirnya tidak lagi melihat konten yang diperjuangkan. Karena saya yakin, apapun yang akhirnya dipilih tidak akan membawa kebaikan karena pola bergeraknya saling menjatuhkan.

Pada akhirnya sekarang lebih baik belajar menahan diri untuk tidak terlalu serius dan menyelam terlalu dalam terhadap isu-isu politik yang mengancam keharmonisan kita. Lebih baik fokus belajar untuk bekerja dan melayani dalam suasana kebhinekaan. Tentunya belajar dan bekerja di bidang yang sesuai dengan pilihan kita.

Leave a Reply

