Jangan Ajari Ikan Berenang

Ketika berdiskusi dengan orang lain, kita harus menghargai lawan bicara kita. Hargai dia sebagai manusia dengan segala pengalaman dan pengetahuannya. Selain itu hargai diri kita sendiri juga. Dengan apa? Dengan berbicara sesuai dengan kapasitas kita: pengalaman dan pengetahuan. Selebihnya, kita harus jujur dalam berbicara. Diskusi akan sangat menyenangkan.
Banyak orang yang seharusnya saya gak perlu illfeel sama mereka, kalau, kalau saja mereka bisa menghargai lawan bicaranya. Beberapa kali suka illfeel ngeliat orang yang berbicara terkesan seperti hanya dia yang tahu dan orang yang diajak bicaranya seolah-olah gak punya pengetahuan dan pengalaman tentang hal yang ia bicarakan. Ada beragam respon juga. Ada yang mengampuni dan ada yang sakit hati. Beruntung kalau kita sedang bertemu lawan bicara yang pengampun.😀
Mungkin menjadi penting kita memahami siapa yang kita sedang ajak bicara. Untuk mengkonfirmasi sedikit pengalaman dan pengetahuannya di topik yang akan dibicarakan bersama. Supaya kita tidak seperti mengajari ikan bagaimana cara berenang.

2 thoughts on “Jangan Ajari Ikan Berenang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s