Lagu Anak: Tidak Sesederhana Itu!

Khaleed dalam perkembangannya, terlihat sangat antusias dengan musik. Dia sangat peka sekali dengan musik. Beberapa kali musik bisa membuat dia bahagia. Kalau lagi di carseat, dan bosan, saya memutar musik dan itu menjadi lebih baik. Jika ada musik tiba-tiba terdengar, Khaleed mencari sumbernya dan ikut bergoyang. Uniknya, musik apapun, dangdut, jazz, pop, hip-hop dan lain-lain,

Khaleed selalu bisa mengikuti beatnya. Kalau musiknya cepet ya goyangnya cepet. Kalau slow dan beatnya agak unik semacam jazz pun, dia bisa mengikutinya. Saya baru sadar soal beat ini sebenarnya baru. Ketika melihat anak lain yang juga cukup responsif sama musik, beberapa dari mereka bergoyang, tetapi kurang pas dengan beat musiknya. Wah, saya melihat peluang…😉

Lupa. Sebelum lanjut ke pembahsan berikutnya, saya jadi ingin cerita beberapa kejadian unik soal beat juga pernah saya alami. Pertama, adzan. Adzan kan beberapa ada yang merdu yah. Terkadang Khaleed ketika mendengar adzan, dia akan bergoyang sambil berfikir. Ini beatnya gimana ya? Kok beda. Kedua, kalau mendengar suara ayam yang lagi ngoceh. Dia melakukan hal yang sama juga. Joget sambil mikir, ini kok beat nya lucu yah. >_<

Lanjut lah ya. Tadi cuman selingan saja. Akhirnya saya menjadi sering menencourage Khaleed untuk lebih menyukai musik. Terkadang saya dan ayahnya bermain gitar dan bernyanyi bersama. Khaleed pun terlihat antusias. 

Saya akhirnya melanjutkan memperkenalkan Khaleed dengan lagu-lagu anak yang bagus. Lagu-lagu anak islam jaman saya masih kecil juga saya perkenalkan. Dan Khaleed seneng banget lagu Ikan Warna Warni. Enaknya juga nadanya. Lebih bagus lagi, syairnya bagus banget. Tentang Allah yang menciptakan segala keindahan yang ada. 

Saya cari referensi lagu di website bayi kesayangan saya. Dan akhirnya saya memilih lagu-lagu anak di barat. Sebenernya alasannya sederhana. Video nya bagus dan ada contoh bagaimana menyanyikannya dengan olah tubuh yang menarik. Saya mencari lagu anak indonesia yang sederhana, banyak yang animasinya kurang menarik. Ada yang dinamis, dan mungkin menarik, tapi kebanyakan ada anak kecil sedang joget gak jelas. Kalau gak dia joget sama orang dewasa yang jogetnya random. >_< Hadeuh, enggak deh. Selain itu, aransemen musiknya juga gak bagus. Jauh banget kalau dibandingin sama aransemen dari SuperSimpleSong.

Awalnya saya melihat apa yang dilakukan SuperSimpleSong ini sederhana. Cuman membuat video lagu anak. Tapi begitu lihat video lainnya yang animasinya aneh, gak pas, aransemen musiknya gak asik, saya baru sadar.. Keren banget  nih SuperSimpleSong team. Gak bisa nih ngerjain kayak ginian dikerjain dengan ‘gak niat’. Mesti niat banget ini mah kalau bikin sampe keren gini.

Harus ada orang yang jago aransemennya. Harus ada orang yang jago animasinya, Harus ada orang yang jago nyanyinya. Harus ada orang yang mikirin soal packaging keseluruhannya biar menarik, konsep awalnya. Harus ada orang IT nya buat bagusin tampilan promo di dunia maya. Apalagi yah? Dan harus yang jago emang. Soalnya banyak juga yang bikin video lagu anak dengan animasi. Tapi ya yang saya bilang tadi. Ada yang gambarnya kurang. Ada yang musiknya kurang asik. Ada yang konsep animasinya gak pas.

Perbedaan ini saya langsung uji coba ke Khaleed. Liatin Khaleed video cicak-cicak di dinding, video hickory dickory dock yang bukan dari supersimplesong dan video-video dari supersimplesong. Hasilnya Khaleed antusias banget sama yang dari SuperSimpleSong. Dan dia terlibat. Karena videonya nge-encourage dia buat ngikutin gerakannya. Musik dan animasinya pas. Pembelajaran dari lagu-lagu yang mereka pilih untuk dibuat videonya juga cukup bagus. Ada yang ngajarin tentang berhitung di jam, lawan kata, rajin sikat gigi, dll.

Kesimpulannya, ternyata segala sesuatu kalau dikerjain dengan serius, hasilnya manfaatnya bisa besar yah. Bahkan cuman ngerjain yang sepele, kalau kata anak jaman sekarang mah, misalnya ya lagu anak.

Terakhir, tulisan ini bener-bener subyektif dan gak bisa jadi dasar untuk ngejudge ini jelek atau bagus. Semua bisa jadi berbeda dan selera orang kan emang pasti beda ya. It is just my two cents. ;) 

So What do you think?

Leave a Reply

