Bermain Itu Belajarnya Bayi Kita

Permainan bayi ternyata bukan sekedar permainan. Mainan yang telah dimainkan para orang tua dengan bayinya sejak zaman dahulu, ternyata mengandung filosofi yang luar biasa.
Siapa sangka permainan Cilukba yang disukai hampir seluruh bayi di seluruh dunia, permainan yang murah, tapi dapat menbuat orang tua dan bayi yang memainkannya terbahak-bahak dan tak pernah bosan. Ternyata meniliki filosofi bahwa sesuatu yang tidak terlihat belum tentu tidak ada. Saat kita memanggil nama anak kita sambil bersembunyi, bayi kita tahu ada kita. Walaupun saat itu dia tidak dapat melihatnya. Dan saat kita secara mengejutkan hadir, bayi kita membuktikan hipotesanya. Ya, orang tua mereka menang ada.
Dan permainan berikutnya adalah -saya menyebutnya- Touch The Bubble. Permainan ini mudah juga. Cukup menyiapkan cincin dengan ganggangan dari lidi. Kemudian sabun. Dan meniupnya.
Alhamdulillah, adik saya selalu antusias ikut bermain Touch The Bubble dengan Khaleed. Akhirnya kami berbagi peran. Saya meniup balon yang besar satu atau kecil-kecil tapi banyak. Lalu adik saya menjaga bubble agar tidak mudah meletus. Aktivitas menjaga bubble agar tidak hilang ini yang membuat Khaleed terlihat sangat antusias. Kami tertawa-tawa. Sangat antusias menjaga bubble. Mengarahkan bubble kesana kemari. Sampai akhirnya bubble pecah dan wajah Khaleed terlihat sangat bingung. Mungkin dia bingung kenapa bisa tiba-tiba bubble itu menghilang.
Mainan Touch The Bubble ini ternyata turut mengajarkan anak bahwa sesuatu yang pernah ada, bisa tiba-tiba hilang. Nothing last forever.
Semakin semangat ngajak byia anda bermain kan bun?šŸ˜€ karena belajarnya anak tuh yaaa…. bermain!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s