Diary Ibuk, Desember 2010

Atas seijin pemilik diary… Saya publish tulisan ini…

Tulisan mengenang Bapak Romli….

25 Desember 2010, Hari Sabtu. Bapak banyak lupa. Ibuk menanyakan ini itu, tetapi Bapak jawabnya ngalor ngidul. Ibuk menangis sejadi-jadinya waktu itu. Adik (anak pertama) bingung harus ngapain. Hanya bisa peluk Ibuk dan ikut menangis. Masa Bapak menanyakan dimana Mas Arif (anak pertama) dan Mas Anas (anak kedua). Padahal kan lagi jauh, sudah lama tinggal di luar rumah untuk kuliah dan bekerja. Ada lagi yang Bapak lupa, Bapak pikir bulan itu adalah bulan Maret 2006. Wah, Bapak mainan lorong waktu ya, pikirku. Itulah awal Bapak sakit.

***

Ahad, 26 Desember 2010. Bapak diperiksa oleh Pak Hartanto. Lalu diopname di PKU selama empat hari. Banyak sekali yang menjenguk. Ibuk menjaga Bapak terus sampai tidak sempat pulang ke rumah sama sekali. Waktu itu kebetulan Dik Ima sedang berada di rumah karena tengah liburan setelah ujian semesteran. Kadang-kadang ke rumah sakit, tetapi lebih banyak di rumah menemani Si Mbah.

Mas Arif juga akhirnya pulang ke Karanganyar. Selama empat hari itu, Mas Arif atau Adik bergantian pulang ke rumah, mengambil baju untuk Bapak dan Ibuk. Bude Pakde juga sering datang ke rumah sakit, menemani Ibuk di rumah sakit. Kadang Adik yang temani Ibuk di rumah sakit, kadang Mas Arif, bergantian. Ibuk, iya Ibuk. Ibuk tidak pernah absen menjaga Bapak. Akan terus menemani Bapak.

Di rumah sakit, Bapak sempat menangis loh waktu ada teman-teman kerjanya datang menjenguk. Entah karena apa. Menangis sampai badannya bergoyang-goyang hebat. Sesenggukan. Ibuk rasanya ingin ikut menangis melihat Bapak seperti itu. Sudah begitu, ingusnya banyak pula. Haha. Kayak Adik kalau menangis ya? Bapak banyak muntah-muntah. Semua yang habis dimakan keluar semua.

***

Kamis, 30 Desember 2010. Bapak diperiksa oleh dr. Suroto di Solo. Tentunya, Bapak pergi kesana bersama Ibuk.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s