Idul Fitri Kali Ini…

Lebaran kali ini, adalah kali kedua saya merayakannya di negeri gingseng, Korea Selatan. Setelah tahun kemarin tepat sepuluh hari sebelum lebaran, saya berangkat untuk pertama kalinya ke Korea Selatan. Idul fitri kali ini lebih baik. Karena saya sudah berkeluarga.πŸ™‚

Rencana untuk kembali menginap di KBRI di malam lebaran harus ditunda. Karena ada keluarga di Cheongju yang ingin ke KBRI namun belum tahu gimana caranya kesana. Jadi suami saja yang berangkat ke KBRI. Setidaknya ada lah perwakilan Cheongju untuk bantu-bantu di KBRI menyelenggarakan shalat ied di hari H.

Suasana di FB agak deg-degan. Karena surat edaran lebaran untuk digunakan sebagai surat ijin sudah disebar untuk tanggal 30 Agustus. Tapi rupanya ada perbedaan lagi tahun ini. Sehingga lebaran mungkin jatuh pada tanggal 31 Agustus. Teman-teman yang tinggal jauh dari Seoul yang sepertinya keringet dingin.πŸ™‚ Karena sudah kagok ijin sama boss, Prof atau atasan lainnya. Namun alhamdulillah, akhirnya jadi tanggal 30 Agustus sebagai 1 Syawal.

Pagi hari ketika harus berangkat pagi-pagi ke Seoul, eh, saya bangun telat. Alhasil keluarga yang janjian sama saya sudah menunggu di depan rumah saya. Sudah siap. Saya? Boro-boro. Bangun pun belum. Akhirnya persiapan kilat deh bangun, mandi dan berangkat. Dan melanjutkan tidur di bis ke Seoul. Hihi.πŸ˜€

Setelah sampai di KBRI, saya langsung menemui beberapa teman yang saya kenal dan baru kenalan disana.πŸ™‚ Senang berbicara bahasa Indonesia dan ketemu banyak anak kecil. Di keluarga di Bandung, banyak sekali anak kecil, dan momen lebaran adalah momen berkumpul. Saya jadi teringat ponakan-ponakan saya di Indonesia, ketika melihat anak-anak itu.

Suasana shalat ied kurang kondusif. Shalat dimulai telat. Saat khutbah, banyak orang berbicara sehingga isi khutbahnya apa pun saya gak tahu. Ribut sekali. Sepertinya ini bisa menjadi bahan evaluasi untuk KBRI Seoul dalam menertibkan jalannya Shalat Ied dan Khutbah.

Setelah selesai, kami mengantri untuk menyantap hidangan yang disediakan KBRI. Berbeda dengan tahun lalu. Kali ini tidak ada rendang. Hiks. Tapi lumayan, kali ini bisa bungkus. Hihi.πŸ˜€

Setelah bersalam-salaman dan makan. Kami (saya dan beberapa teman dari Cheongju) memilih untuk jalan-jalan seharian di Seoul.

Pertama, kami main ke Yeoeuido. Taman yang luas di tepian Sungai Han. Cahaya banyak dan tempatnya bagus untuk foto-foto.πŸ™‚ Kami menyewa sepeda bersama dan bermain sampai kami merasa sudah terlalu panas. Lalu kami pergi ke Pasar Dongdaemun. Rencananya ingin membeli beberapa perlengkapan musim dingin. Disana murah dan bagus-bagus. Tapi sayang, stocknya belum dibuka.πŸ˜€ Jadi kami hanya lihat-lihat saja.

Setelah keΒ  Pasar Dongdaemun, kami pergi ke insadong. Rencana awal ingin sekalian main ke istana Gyeongbokgung. Tapi sayang hujan. Jadi hanya belanja saja di Insadong. Ya, belanja nya belanja ala mahasiswa pastinya.πŸ˜€ Baru lah setelah itu kami ke Itaewon. Karena sudah lapar dan belum shalat.

Sesampai di Itaewon, mencari rumah makan yang menyediakan nasi dan mengenyangkan. Ada salah satu rumah makan all you can eat. Tapi, heuheu 17.000 won ajeee. Bisa gak makan seminggu itu kalau di Cheongju. Wkkk. Belanja di Homeplus.πŸ˜€ Dan akhirnya kami menemukan restaurant yang lumayan lah. Nasi Briyani. 8000 satu porsi. Karena di KBRI tidak ada rendang, gule dan opor dan aneka makanan eneg ala lebaran, jadi makanan ini cukup mengobati rasa kangen ma makanan eneg ala lebaran.πŸ™‚

Setelah itu, kami baru merasakan kalau kaki kami gempor. Dan waktunya pulang ke Cheongju. Yang mana bisa dibilang, perjalanan masih jauh brooo. Hufh!πŸ˜€ Eniwei, perjalnan yang cukup melelahkan tetapi juga menyenangkan. Karena mungkin ini kali pertama berjalan-jalan jauh dan lama bersama Cheongju-ers.πŸ˜€ Tapi sayangnya, gak komplit semua. Mungkin next-time….

6 thoughts on “Idul Fitri Kali Ini…

  1. ass. wr. wb mba, salam kenal.

    mba tinggal di korea saat ini? boleh minta email nya mba biar bisa japri.
    kebetulan aku next week ke korea tugas kntr. apa boleh tanya2. kl bisa nemenin selama di korea jg boleeπŸ˜€

    terima kasih sebelum nya.
    wassalam,
    Lili

    • sore. maaf baru balas commentnya. salam kenal. mbak hrus bawa jaket indonesia yang berlapis. karena disini sudah dingin sekali, tp masih enak buat jalan-jalan. jadi lebih baik make pakaian berlapis daripada make satu jaket tebal. kalau kedinginan pakai 3 -4 lapis. kl panas, tinggal copot satu2. kl make jaket tebal, takutnya kl kepanasan, buka jaket, kegedean, dan terlalu dingin. kalau mbak muslim, baiknya juga membawa makanan ala kadarnya, rendang, abon, popmie. karena di korea ini kita gak bisa makan asal aja. banyak mbanget makanan yang mungkin kita gak menyangka di dalamnya ada babi atau gak, ternyata ada. apalagi kalau kita gak bisa bahasa korea.πŸ™‚
      semoga membantu.
      selamat jalan-jalan…

  2. assalamualikum …..

    mbak, aku mau nanya..
    kalo biaya hidup di korea itu tinggi mbak ?
    brapa kira-kira biaya buat ngekos/ atau apalah yang penting bisa jadi tempat tinggal yang layak ?
    terus kalo mau kreja disana sebagai PERAWAT di RS atau perawat keluarga bisa orang asing bisa gak mbak >?

    saya pengen bangt tinggal dan kerja di korea mbak.
    skrng ja saya lagi blajar bahsa korea, nabung juga, buat siap-siap..
    krna saya harus kesana mbak >???? mohon infonya mbak

    • halo.
      dibanding indonesia itu jelas jauh lebih tinggi. tapi kita bisa menyiasati dengan mengatur gaya hidup kita untuk lebih kecilin biaya hidup. paling murah itu biasanya tinggal di gosiwon. di seoul biasanya harganya 250 paling murah. kl di cheongju, desa, kota saya, itu bisa dpt 200rb.
      wah, saya gak tau nih.
      kalau soal kerja disini, saya gak tau gimana caranya. krn saya mahasiswa disini. kl pun tau, soal kerja, saya taunya jd TKI gitu. di Indonesia ada ada tuh kursus dan penyalurnya. sama kalau kuliah disini, bisa kerja disini. sama lainnya, kalau misalnya mbak gabung di perusahaan korea kayak di indonesia, ada kemungkinan untuk ditempatin disini.

Leave a Reply

