Cita Rasa ke Makanan

Hal lain yang menarik untuk dibahas mengenai perantauan adalah makanan. Beda negara, tidak hanya sekedar berbeda bentuk dan warna olahan bahan makanan. Tapi juga cita rasa. Ya, mungkin Korea juga make mecin, bawang putih, cabe dll. Tapi komposisi (halah sok iye pisan) nya itu bergantung banget sama cita rasanya. Dan cita rasa saya ke makanan, banyak sekali terganggu.

Indikasi kecilnya adalah sebagai berikut. Jadi ceritanya, saya memiliki tempat favorit untuk makan Masakan Cina di Korea. Untuk saya, itu rasanya luarrr biasa.🙂 Saya kadang rela nge skip waktu makan 2-3 kali untuk bisa makan disana. Hingga suatu hari adik dan adik sepupu saya datang ke Korea. Untuk menyambutnya dengan baik, saya ajak mereka ke rumah makan enak itu. Dan tahukah anda apa reaksi mereka? “Ah, teh, ini mah gak enak. Gak ada rasanya. Aneh. ” -_____-‘

Bayangkan betapa gondoknya diri saya waktu itu. Makanan yang sudah saya kategorikan masakan surga di Korea, buat mereka gak enak.

Dan tapi sepertinya mereka benar. Saat pulang ke Indonesia sebulan yang lalu, saya mencoba menghemat untuk jajan di tempat-tempat favorit saya (yang biasanya mahal). Akhirnya, saya mencoba jajan di warteg, warung tenda, bahkan gerobak dorong dekat rumah yang biasanya saya gak pernah beli, karena seringkali rasanya mengecewakan.

Tapi eh tapi, pas kemarin. Busyeeeeettttt. Itu makanan rasanya meuni super enak pisan. Di mulut teh berasa uenak pisan. Kalau jadi om Bondan, semua bakal dikatain, “MAKNYUS”. Selain hepi karena harganya murah, rasanya juga enak banget. Pokoknya soal kuliner, puas banget deh liburan sebulan. Sampe-sampe berat badan naik parah. Hehe. Tapi tenang saja, nanti di Korea turun sendiri, otomatis.😛

Nah, pas balik lagi ke Korea, memulai mencoba makanan Korea, harus adaptasi lagi. Emang beda cita rasanya. Untuk pindah dari satu rasa ke rasa yang lain, butuh waktu adaptasi lagi. Sampai merasa, “Yang kayak gini nih yang enak”. Kalibrasi cita rasa ke makanan lagi dehhhhh…🙂

One thought on “Cita Rasa ke Makanan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s