Am I Like You, Mom?

Saat hidup di perantauan, saya mengurus semua keperluan saya sendiri. Dari mulai hal kecil sampai hal besar dalam hidup. Baru kerasa setelah liburan di Indonesia sebulan kemarin. Merasa bahwa di Indonesia gak terlalu banyak hal yang saya urus. Saya gak perlu bersihin rumah sendiri, nyuci piring, nyuci baju, nyetrika, mikirin mau masak apa hari ini, kemana-mana mudah naik motor atau mobil, kalau mau ngobrol kapan aja, tinggal cari teman yang lagi santai. Ah, mudah ternyata untuk hal2 yang saya sebutkan di atas.

Nah, walaupun saya tidak mengerjakan pekerjaan-pekerjaan sederhana namun menyita pikiran tersebut, saya selalu memperhatikan bagaimana Ummi saya mengerjakan pekerjaan-pekerjaan tersebut. Bagaimana cara dia membereskan rumah. Yang mana biasanya sambil nyapu sambil beresin barang2 yang dilewatin pas nyapu. Gimana dia masak yang mana selalu rapih. Sambil masak, juga sambil nyuci piring, jadi setelah selesai masak gak numpuk cucian piring. Gimana juga dia selalu naro barang enakeun dilihat. Selalu rapih. And you know what?? I did it in here.πŸ™‚

Sedikit gak percaya kalau gw bisa rapih. Kalau di Indonesia serasa sering banget dicerewetin Ummi gara-gara gak rapih, selebor, dll. Tapi pas disini, I don’t think so Mom. I think you were wrong. Haha.

Tapi satu hal yang jadi pelajaran. Memberi contoh itu jauh lebih efektif dibandingkan menyuruh make omongan. Ya, Ummi saya menyuruh make omongan. Tapi dia juga mengerjakannya. Dan secara gak sadarsaya mengikutinya. Jadi ntar kalau saya punya anak. Kalau mau anaknya ini itu begini begitu, paling sederhana, caranya ya saya yang harus ini itu begini dan begitu dulu. Sambil juga menyampaikan pesan alias mengkondisikan anaknya supaya juga terlibat menjadi ini itu begini dan begitu.πŸ™‚

Sepertinya begitu research kecil saya tentang saya dan Ummi…. Terus research saya yang di lab apa kabar yah? Hiks Hiks Hiks.

Leave a Reply

