Belajar di International Conference (My First Time)

Hari-hari panjang, seru belajar tapi juga melelahkan. Mungkin sedikit kata-kata awal untuk menggambarkan pengalaman saya selama di Pulau Jeju. Yup. Seminggu ini saya pergi ke Pulau Jeju dengan teman-teman lab. Mengikuti sebuah konferensi. Hanya dua orang dari anggota lab yang memasukkan paper pada konferensi itu. Tapi alhamdulillah Professor saya memberikan semua anggota lab kesempatan untuk datang.

Sedikit pengantar, Pulau Jeju terletak di selatan Korea. Kalau boleh menjudge, mungkin pulau ini seperti “Bali”nya Indonesia. Tempat wisata pantai yang indah dan banyak dikunjungin wisatawan asing dan lokal. Di sinilah, konferensi internsional untuk bidang saya, Elektronika Daya, dilaksanakan. Karena judulnya internasional, jadi banyak negara-negara yang berpartisipasi.

Setiap harinya, di berbagai ruangan terdapat seminar-seminar orang-orang yang memasukkan papernya ke konferensi tersebut. Kita bisa lihat jadwal dan memilih, mau menghadiri yang mana. Bukan hanya sekedar orang-orang hebat yang menulis paper disana. Tetapi ada juga penulis-penulis buku Elektronika Daya yang terkenal. Sebut saja Prof. Holmes dan Prof. Lipo. Melihat mereka datang, saya merasa, wah, ini benar-bbenar tempat yang bagus untuk banyak belajar dan bertanya.

Selain ilmu baru dari penelitian-penelitianberbagai negara, saya dapat belajar hal lain. Yaitu tentang gaya penelitian dan komunikasi berbagai orang dari berbagai negara. Oops. Redundant “kayaknya berbagai macam negara”. Hehe. Disebut terus.

Ikut seminar mengobati rasa kangen saya juga terhadap kuliah yang saya dapat mengerti apa yang sedang dibicarakan. Sudah hampir satu tahun saya kuliah berbahasa Korea, yang mana isinya saya hanya menebak-nebak. Kayaknya lagi ngomongin ini deh. Kayaknya lagi ngomongin itu deh. Tanpa tahu pasti apa sebenernya yang sedang dibicarakan. Saya sendiri takjjub dengan diri saya. Kok bisa betah dari jam 9 pagi sampe jam 5 sore duduk di ruangan, menonton orang seminar, bertanya dan belajar. Karena biasanya kuliah 3 jam di kelas, bahkan seringkali lebih cepat, membuat saya super gak betah dan pengen cepat-cepat kembali ke lab untuk ketemu internet.πŸ™‚

Suasanna yang dibangun di konferensi sangat kondusif untuk saya belajar hal baru. Menambah wawasan tentang penelitian-penelitian di bidang Elektronika Daya. Motivasi pun tumbuh. Suatu saat nanti, saya harus bisa menghasilkan penelitian, yang tidak hanya berguna bagi masyarakat Indonesia, melainkan juga masyarakat dunia.

Apresiasi dari orang-orang yang datang ke seminar, meyakinkan saya, kenapa kita harus takut untuk meneliti hal baru dan gagal? Tidak ada kegagalan dalam penelitian. Bahkan kalaupun harus dibilang gagal, sebenarnya kita baru saja menemukan hal lain. Menemukan cara yang salah untuk mendapatkan goal kita, tujuan kita.

Dan hal lain yang saya pelajari adalah, bagaimana cara menghargai orang lain dengan tepat. Terasa, bukan basa-basi. Sulit. Karena membutuhkan ketulusan dari hati. Bukan prosedur melebarkan senyum kepada orang lain. Membungkukkan badan saat bertemu orang. Atau prosedur lain yang sebenarnya bukan apa-apa jadinya kalau tidak diikuti dari ketulusan hati saat melakukannya.

Lakukan semua dengan sepenuh hati. Sungguh-sungguh. Jangan pernah takut gagal. Karena kegagalan adalah warna buat hidup kita.πŸ™‚

6 thoughts on “Belajar di International Conference (My First Time)

  1. Hmmmm, Holmes dan Lipo…… kayaknya pernah denger deh, D.G. Holmes dan T.A. Lippo ya? Wah aku pernah baca ‘novel’ dan ‘cerpen’ karya mereka, gilalah penurunan rumusny, sampai baca ‘ending’ ny juga ga ngerti-ngerti hehehhe.. Ga ada foto bareng mereka din?

  2. y_she says:

    waah…jd brsmangat bc tlisannya..^^
    slm kenal ya..πŸ™‚
    hemm jd pngen nglanjutin kuliah d ngri asing..bisa kah?? hehee

Leave a Reply

