Senior di Korea

Selama di Korea ini, kalau misalnya saya berkenalan, pertanyaan yang selalu pasti ditanya dan pastinya akan mereka ingat adalah umur. Saya pernah curiga, jangan-jangan mereka lebih hafal umur saya daripada nama saya. Hehe. Soalnya umur di Korea ini sangat penting. Yaitu untuk menentukan bagaimana kita bersikap dan berbicara. Memilih bahasa yang akan digunakan. Dalam bahasa Korea dikenal seperti kromo inggil seperti pada bahasa Jawa. Dan dikenal juga bahasa kasarnya.🙂

Tahun kelahiran itu penting. Ya, disini tahun kelahiran yang penting. Walaupun teman kita lahir Desember 1988 dan kita April 1989, dia akan tetap jadi senior kita. Dan adab-adab nya seperti ke senior. Kalau Januari atau Februari gimana? Nah, disini uniknya. Karena sekolah tahunan dimulai pada Spring atau bisa dikatakan bulan maret. Maka jika anda lahir di bulan Februari atau Maret tahun 1988. Maka anda dikategorikan tingkat seniornya dengan yang lahir tahun 1987.

Pas baru-baru saya agak merasa ini adalah budaya baru bagi saya. Tapi kalau dipikir-pikir, gak juga. Karena di Indonesia juga dulu kayak gitu. Di SMP, SMA atau kuliah. Kalau dengan satu angkatan atas, saya memanggil kakak, kang, teteh atau panggilan yang menuakan lainnya. Kecuali kalau hubungan terlalu dekat, jarang. Paling sepengamatan saya disini, mereka sedekat apapun, tetap manggilnya menuakan.😀 Most of them. Ada juga sih yang nggak, tapi boleh dibilang sedikit sekali.

Dan yang kerasa bedanya adalah perbedaan umur ini selain penting untuk panggilan, juga penting untuk masalah penegakan disiplin. Senior atau yang dituakan seolah seperti sumber nilai bagi juniornya. Maka selain berfikir siapakah bos kalian ketika kalian masuk ke komunitas korea, pikirkan juga seperti apa senior kalian. Karena itu akan sangat berpengaruh ke kehidupan sehari-hari.

Salam hangat dari junior di Korea. -_____-‘ Masih belum bisa jadi senior. Karena belum ada yang lebih tua di lab saya.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s