Kayaknya Gak Gampang

Hmmmm. Dalam perkembangan usia dari anak-anak banget (yang masih diinget aja), sampai sekarang (hampir menuju gerbang hidup baru), rasanya banyak dinamika yang sudah dilalui. ‘Banyak’ disini compared to anak yang usianya jauh di bawah saya. Hehe. Ngeles aje. Yah, intinya, hampir selesai melewati masa-masa ke-ABG-an. Dimana masa-masa itu dianggap masa ‘sulit’ bagi orang tua menghadapi anak-anaknya.

Saya ketika itu, pun demikian, sedang sulit-sulitnya dihadapi oleh orang tua saya. Karena masa itu saya masih mencari jati diri. Melihat banyak hal yang baru, karena sudah tidak sepolos waktu saya masih anak-anak. Pikiran yang dulu sangat sederhana (main, makan, tidur, dll) jadi lebih kompleks (teman, pacar, orang tua, uang? hah banyak). Dan tentunya, kalau di konvert ke bahasa anak jaman sekarang, sedang labil-labilnya.

Lantas, kalau sudah tua gak labil gitu? Ya, kata siapa orang tua itu sudah melewati masa-masa ABG nya dan menjadi dewasa? Tua itu pasti bung, dewasa itu pilihan. Dan menurut saya itu bener banget. Belum tentu juga sebenarnya saya yang sudah berusia 22 tahun ini sudah berhasil melewati masa-masa labil itu. Dan menjadi dewasa. 

Tapi yang menarik dari mengamati masa-masa remaja ini bagi saya adalah, kalau nanti saya jadi orang tua, dan mengahadapi anak saya yang sedang beranjak remaja, bagaimana yah? Bisa kah saya melihat bahwa saya pun pernah seperti itu (susah) dan secara dewasa, bisa menanganinya? Rasanya bukan perkara mudah. Bisa jadi saya larut dalam amarah, karena memang seringkali kenakalan remaja itu tidak logis dan sebenernya terkadang bukan hal yang prinsipil. Tapi hanya karena benar-benar sedang mencoba dan mencari jati diri.

Usia yang harus disikapi dengan bijak. Karena masa itu adalah masa-masa penting dalam membentuk prinsip-prinsip dan nilai-nilai hidup. Mari belajar terus untuk menjadi dewasa dan siap menyikapi anak-anak remaja kita kelak. *buahaha. Punya anak bayi aja belum, dah ngomongin anak remaja.

*tak apalah. Namanya juga mikirin. =D

Leave a Reply

