Nyari Kosan di Cheongju

Saya ingin sedikit menceritakan pengalaman saya saat mencari tempat tinggal di Korea Selatan. Tepatnya di kota saya, Cheongju. Beberapa alternatif tempat tinggal di Korea adalah sebagai berikut : asrama (기숙사), gosiwon (고시원), one room (원룸), two room (투룸), gositel (고시텔),   apateu (아파트) dan villa (빌라). Saya mencoba mengurutkan dalam penyebutannya, yaitu saya urutkan berdasarkan harga. Bisa saja berbeda di berbagai tempat.

Penjelasan singkatnya. Hampir seluruh universitas memiliki asrama di Korea. Bahkan beberapa memiliki asrama khusus untuk mahasiswa asing. Dan bisa dikatakan, asrama adalah pilihan termurah dan dengan fasilitas yang cukup untuk hidup sebagai mahasiswa di Korea. Sedangkan gosiwon adalah kamar dengan ukuran yang sangat kecil. Dulunya biasa digunakan oleh orang-orang untuk mengasingkan diri dalam rangka mempersiapkan ujian. One room dan two room lebih dikenal dengan studio di negara-negara lain. Dimana one room memiliki satu ruangan besar dan two room memiliki dua ruangan besar. Ruangan lainnya biasanya sudah menjadi standar, yaitu terdapat dapur dan kamar mandi yang menyatu. Sesuai harga yang ditawarkan, ada yang sudah dilengkapi dengan peralatan standar seperti kompor, kulkas, mesin cuci, heater bahkan ada juga yang memberi AC. Sekali lagi, benar-benar tergantung harga yang ditawarkan. One room dan two room ini juga dapat ditemukan pada villa. Hanya saja villa bentuknya semi apateu dengan ukuran secara keseluruhan lebih kecil. Biasanya satu villa terdiri atas puluhan kamar saja. Dan sistem keamanannya lebih baik daripada one room atau two room di rumah-rumah orang korea. Gositel adalah gosiwon versi bagusnya.🙂 Baru menurut saya sih. Soalnya beberapa gositel yang saya liat, lebih bersih, nyaman dan privacy lebih terjaga. Apateu tidak perlu dijelaskan, itu sama saja dengan apartement di Indonesia.🙂

Dalam kesempatan kali ini, saya khusus jelaskan pengalaman saya mencari one room. Saya menemukan one room dengan harga mulai dari 100.000-200.000 won per bulan. Sedangkan one room di Villa mencapai 250.000-300.000 won. Harga sangat dipengaruhi oleh fasilitas yang ada di dalamnya. Serta lingkugannya. Karena saya akan tinggal sendiri, maka saya memilih untuk mencari yang lingkungannya cenderung aman dan dengan fasilitas yang lengkap.🙂 Juga ajuhssi atau ajuhma yang baik.

Cara mencarinya? Yang paling gampang, kita dapat berjalan-jalan mengumpulkan iklan-iklan di tiang-tiang listrik sekitar pemukiman. Kemudian meminta tolong teman Korea kita untuk menelepon satu-satu mencari tahu harga, fasilitas dan tempatnya dimana. Kalau dari pembicaraan telepon mendapatkan gambaran yang sesuai keinginan, kita dapat janjian dengan pemilik, melihat kemudian melakukan kontrak.

Tapi ada juga pilihan lain. Yaitu berjalan-jalan di sekitar pemukiman, saya menyarankan pada hari minggu. Karena si pemilik kemungkinan besar ada di rumah. Kemudian, melihat-lihat rumah-rumah yang besar yang di depan pintunya terdapat tulisan one room atau two room dalam hangeul. Biasanya dilengkapi dengan nomor telepon. Dengan bahasa korea seadanya, kita bisa telepon. Halo, saya cari one room/two room, sekarang saya ada di depan rumah anda, bisa ketemu? Dan tiiiit…. Kita tutup telepon dan menunggu si pemilik keluar.🙂

Biasanya mereka langsung menawarkan untuk melihat-lihat. Lalu menjelaskan harga. Kita bisa nawar loh.🙂 Termasuk nawar fasilitasnya. Minta ditambahin ini itu. Kadang mereka mau menambahkan, kalau kita kontrak untuk tinggal lebih lama. Dalam sehari, mungkin kita bisa melihat banyak dan memilih.🙂 Kecuali kalau langsung sreg, bisa langsung kontrak di depan malah. Tapi kalau mau dipikirkan dulu, kita cukup save nomornya. Dan kembali lagi minggu depannya untuk nge-OK-in.🙂

Nah, kalau sudah deal dengan si pemilik. Proses berikutnya adalah kontrak (계약서). Oia, ada yang ketinggalan. Selain harga bulanan, kita harus tahu tentang deposit (보증금). Ada loh yang gak butuh deposit, tetapi kita harus bayar sewa bulanan selama kita tinggal di depan. Tapi kalau ada, besarnya mulai 500.000 sampai 3.000.000 won. Nah pada saat kontrak ini kita membayar deposit serta bulanan pertama. Habis itu? Silahkan, kita bisa pakai.

Oia, sebagai informasi, biaya listrik, gas, internet dan air berbeda. Jadi setiap bulan kita bayar ke perusahaan penyedia atau ke pemilik. Tidak semua rumah menggunakan gas. Ada yang menggunakan minyak. Dan ini lebih mahal. Jadi sebaiknya tanyakan dulu apakah pemanas menggnakan gas atau minyak, supaya gak tekor tiap kali harus bayar.😀

Baiklah, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang ingin tinggal di Korea Selatan. Harga dan lain-lain dapat saja berbeda di setiap kota.🙂 Tapi semoga bisa kebayang. Dan ini adalah gambar one room yang saya dapatkan dengan cara mencari seperti yang sudah saya ceritakan.

 

4 thoughts on “Nyari Kosan di Cheongju

  1. salam kenal.. trims ya.. tulisannya sangat menginspirasi.. kebetulan suami saya ada tawaran untuk kursus di korsel di cheongju lebih tepatnya kurang lbh setaun. Rencananya seumpama jadi kami akan membawa 2 anak yang masih balita (2,5 th & 1 th). tapi saat search biaya hidup di korsel.. woooow… harga sewa apartemen dll biayanya selangit… apalagi angka deposit apartemennya… hadeuuu.. bikin langsung mundur aja klo mau hdp disana.. apalagi kami tidak memiki kemampuan bahasa korea… hadeuuu.. kebayangkan bagaimana mumetnya saya.. apalagi membawa 2 balita aktif. blm lagi bagaimana nanti belanjanya& cari makanan halal..kira2 apa ada referensi penginapan 2 room atau apartemen bulanan atau harian untuk sementara sampai kami dapat yg cocok. & kira2 brp range biaya hdp disana untuk keluarga perbulannya. trims atas bantuannya

    • 2012. saya menyewa istilahnya “one room” dengan harga deposit 1.000.000 won dan sewa 200.000 won per bulan. untuk “two room” mungkin bisa di range 1.000.000-2.000.000 won untuk deposit dan bulanannya bisa di 250.000-500.000 won

Leave a Reply

