Mengatur Lingkungan? Bisa?

Ini pertanyaan saya. Bukan suatu pertanyaan pancingan dimana tulisan saya di bawah ini yang menjelaskan jawabannya. Sekali lagi, ini pertanyaan saya.🙂

Ya, kenapa saya bertanya seperti itu? Karena saya sering merasa diperngaruhi betul oleh lingkungan dimana saya ada. Kadang prestasi atau pencapaian… Kegagalan atau keputusasaan dalam menggapai sesuatu… Masih dipengaruhi oleh lingkungan. Misal, saya berhasil lulus dari ITB, saya pikir, ya iyalah, soalnya pembimbing saya bagus bimbingnya. Jelas. Jadi gak terkatung-katung pas ngerjain TA. Atau saya pernah gagal dan lebih berhasil di suatu turnamen olah raga. Dan ketika gagal, saya lebih merasa kondisi tim yang kurang nyaman. Dan saat berhasil, saya merasa memang kondisi tim yang membuat nyaman.

Tapi lantas, saya merasa rugi dengan berfikir seperti itu.

Maka saya bertanya. Bisa gak kita mengatur lingkungan kita agar bekerjasama dengan kita menggapai apa yang kita inginkan? Dengan dasar pemikirannya, prinsip kaca. Lingkungan itu kaca. Dia akan merefleksikan secara jujur diri kita. Keberadaan kita dengan segala karakternya. Saat kita menyebarkan aura positif dalam tim saat pertandingan. Bisakah kita membuat tim menjadi nyaman untuk kita?

Atau ketika menanggapi seorang teman yang kurang menyenangkan, dan kita balas dengan suatu yang menyenangkan dia. Apa lantas bisa kita mengubahnya sehingga terpengaruh dengan sikap kita yang berbeda, yaitu menyenangkan? Dan kita menjadi nyaman berada dekatnya. Dengan terlebih dahulu mengatur sikap kita.

Hmmm… Rasanya tidak rugi berfikir bahwa kita bisa mengatur lingkungan kita. Itu saja dulu….🙂

Leave a Reply

