Menulis Agak Serius

Waktu mengerjakan Tugas Akhir, selain pekerjaannya yang meribetkan, ada hal lain yang bikin pusing tujuh keliling. Yaitu membuat buku Tugas Akhirnya. Gimana nyusun kalimat yang bak, singkat tapi bermakna. Hehe. Tidak seperti tulisan di Blog ini yang acak adut gak keruan, yang penting menulis dan membuat hati senang.

Ternyata menulis serius itu tidak mudah. Tapi saya pikir kemampuan menulis itu akan penting bagi hidup saya. Yang bercita-cita ingin menjadi tenaga pengajar. Saya ingin bisa menyampaikan ide saya dengan menulis. Karena saya yakin, kalau orang menulis itu butuh banyak membaca dan mendengar. Jadi kalau saya kelak bisa menulis dengan baik, artinya saya sudah bisa membaca dan mendengar dengan baik juga. Amiiin.

Nah, kalau buku Tugas Akhir adalah pengalaman agak serius. Saya sekarang mau sharing tentang tulisan Agak Serius saya. Kenapa agak serius? Ya, karena menulis suatu topik yang sudah saya baca sebelumnya di blog yang bisa di bilang ilmiah. Jadi gak bisa terlalu santai seperti di blog ini. Yang bikin menarik, awalnya saya hanya ingin menulis apa yang saya tahu atas saran seorang senior di lab saya sekarang. Tapi ujung-ujungnya saya malah tertarik. Karena rupanya untuk menulis di blog itu, harus direview oleh beberapa orang reviewer. Awalnya agak males pas dikasih inputan pertama. Tapi saya berfikir, kalau saat itu males. Berarti ke depannya bakal makin males lagi. Akhirnya dilawanlah rasa malas itu dengan berusaha mengedit tulisan sesuai permintaan reviewer.

Dan alhasil? Walaupun tidak sempurna, tetapi banyak perubahan dari tulisan itu. Saya berhasil merubah tulisan saya. Dan peran tulisan kita dikritik itu ternyata sangat mempengaruhi tulisan berikutnya. Dari sini saya belajar bahwa mendengar itu adalah pekerjaan sangat penting selain membaca. Dengan mendengar pendapat orang lain, kita jadi kaya. Terlepas nantinya kita laksanakan atau nggak, tapi yang jelas, kita akan semakin kaya. Kaya pengetahuan. Dan biasanya beda manusia beda kepala. Dan tidak jarang kita menemukan orang yang sama sekali berbeda sama kita. Gak perlu kita sebel atau apa. Nikmati saja pengetahuan baru itu. Pengetahuan yang didapat dari perbedaan.

One thought on “Menulis Agak Serius

Leave a Reply

