Menghindari Perdebatan

Banyak manfaat yang kita bisa dapatkan dari berdiskusi. Kita mendapatkan sudut pandang yang berbeda terhadap suatu masalah. Kita bisa berempati dengan apa yang orang pikirkan, rasakan. Kita dapat membuka nilai-nilai yang kita yakini. Namun tidak seindah itu juga diskusi.

Terkadang, jika ego sudah bermain atau nilai-nilai yang diyakini berusaha disebarkan dengan cara yang memaksa, akhirnya perdebatan lah yang terjadi. Perdebatan bukan suatu hal sangat sangat buruk. Tetapi kalau sudah sering berdiskusi, kita akhirnya mengerti. Mana yang perlu dan tidak perlu kita perdebatkan.

Semakin kita sering berdiskusi lah akhirnya kita memahami. Di tempat diskusi kita bisa terjebak, tapi kita juga bisa belajar. Menghindari perdebatan terkadang perlu.

Teringat suatu pesan sahabat yang menyuruh saya tersenyum saja sebelum terjebak dalam perdebatan. Tersenyum pun bukan berarti kita membenci keyakinan atau nilai orang. Cukuplah kita yakini bahwa kita berbeda. Dan berdebat menghindari kebencian yang akan timbul apabila prosesnya kurang baik.

Dan terakhir, ketika di luar perdebatan, tunjukkan penghargaan kita terhadap pilihan orang lain. Kita tidak perlu meyakini, percaya tapi kita bisa menghargai pilihan orang lain. Sebagaimana kita ingin pilihan kita dihargai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s