Lebaran di KBRI Seoul

Mungkin lewat tulisan ini, saya sekalian mau share buat teman-teman yang akan datang dan berkunjung ke Korea. Untuk sekolah, wisata dan lain-lain. Yang kebetulan mungkin waktunya bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri. Seperti saya sekarang ini.

Tidak semua kota di Korea Selatan terdapat masjid dan menyelenggarakan shalat Ied. Dan di kota saya sekarang berada, Cheongju, tidak ada masjid. Jadi saya harus ke luar kota untuk melaksanakan shalat Ied. Yang terdekat sebenarnya di Daejeon. Hanya saja saya ingin berkumpul dengan beberapa orang Indonesia yang sudah saya kenal, dan kebanyakan mereka berlebaran di KBRI  Seoul.

Dari kota yang tidak terdapat Subway seperti saya, kita bisa menggunakan Bus menuju Seoul. Saya pergi dari Siwe Terminal (Cheongju) ke Nam Bu Terminal (Seoul). Dari sana kita bisa naik Subway line 3 transit di Express Terminal. Kemudian naik Line 9 dan berhenti di Saetgang. Kalau bisa membaca huruf hangeul, jauh lebih mudah menggunakan Subway. Karena semua petunjuk sangat jelas. Walaupun begitu, tetap ada petunjuk dalam Bahasa Inggris, tetapi tidak semua.

Di Saetgang kita keluar di pintu keluar 3. Dimana pas kita keluar, kita bisa menemukan Ankara Park. Di sebelah Ankara Park itulah terdapat KBRI. Malam itu saya datang dimana orang-orang sedang bersiap-siap untuk esok. Menyiapkan tempat shalat. Menyiapkan makanan dan tempat untuk bermalam. Ya, kita dapat bermalam disini. Kalau beruntung, perempuan disediakan tempat di tempat tinggal atau guest house yang ada di KBRI.

Kalau mau datang sehari sebelumnya, ada baiknya kita ikut kepanitiaan persiapan lebaran. Karena pasti nanti gak enak sendiri juga kalau gak ngapa-ngapain disana. Masa cuman mau nonton dan makan gratis?😀

Esok harinya shalat Ied. Penuh sekali. Kebetulan saat saya disana, sedang hujan besar. Jadi tidak bisa shalat di lapang. Tapi di gedung-gedung. jadi kerasa sumpeknya.🙂 Tapi nikmat luar biasa, karena kita berkumpul dengan banyak orang Indonesia. Jadwalnya, shalat Ied, halal bi halal dan makan santapan khas Indonesia. Kemarin kami makan telur balado, rendang dan krupuk. Huaaa. I love kerupuk so much!😀

Udah deh. Kayak simple banget. Tapi rasanya. Muantab! Nikmatnya sangat terasa saat baru keluar dari gerbang KBRI. “Ah… damn… gw masih di Korea ternyata….” Haha. Kanan-kiri banyak orang Korea. Bener-bener lebaran di KBRI, feels like home.🙂

Oia, terakhir, saya ingin mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H. Mohon maaf lahir batin yah semuanya. Semoga kita berhasil meraih predikat takwa setelah sebulan Ramadhan kemarin. Amiiin.🙂

One thought on “Lebaran di KBRI Seoul

Leave a Reply

