Got It!

Saya tidak ingat kapan saya mulai berkeinginan untuk melanjutkan kuliah, tapi yang pasti keinginan itu sudah sangat lama ada. Masalah yang datang dan pergi saat kuliah s1, sempat membuat keinginan iyu datang dan pergi juga. Akhirnya, di penghujung kuliah S1, keinginan itu mulai menguat. Dimulai dengan membidik sekolah/beasiswa yang ada di Jepang dan Perancis.

Lupa juga kenapa harus Jepang dan Perancis. Yang pasti bukan alasan yang terlalu filosofis. Seingat saya hanya sekedar menyukai budaya dan kehidupan di kedua negara itu saja. Saat giat-giatnya mencari, malah semakin down. Karena persyaratan beasiswa begitu berat. Dan yang paling krusial adalah IP. Semua menawarkan IP minimal 3.00. Sampai lulus, saya gagal mencapai nilai itu.

Tapi ternyata rezeki siapa yang tahu? Di suatu malam yang membosankan, saat keputus asaan mencari beasiswa, terlintas ide tentang probabilitas. Kemungkinan keberhasilan saya mendapat sekolah/beasiswa tidak mungkin 0. Saya harus mencoba lebih keras. Lebih banyak. Dan pada saat itu juga saya berfikir untuk mengirim email ke banyak dosen yang berkecimpung di bidang Power Electronic di Jepang, Korea dan Taiwan.

Dan,,, Dong! Bener kan. Sekitar 40-an email saya kirim. Dan ada 5 yang membalas. 3 diantaranya hanya menjelaskan researchnya saja. 2 lagi menawarkan program s2 dan scholarship. Langsung saja saya men-followup-i yang 2 ini. Kebetulan 1 diantaranya pernah datang ke Indonesia. Dan mengenal pembimbing S1 saya. Dosen yang menawarkan itu berasal dari Korea.

Pucuk di cinta ulam pun tiba. Semua serba pas. Beliau meminta persyaratan yang relatif mudah dibandingkan beasiswa lain. Lalu saya penuhi persyaratan itu. Dan, akhirnya… Dapat juga. Persyaratan yang relatif mudah itu datang karena sepertinya yang paling penting saat itu adalah surat rekomendasi dari dosen di Indonesia. I’m so lucky, aren’t I?πŸ™‚

21 thoughts on “Got It!

  1. Risma says:

    Assalamu’alaikum kak…
    Salam kenal,Saya Risma.. gak sengaja ketemu blog kakak pas lagi nyari” beasiswa ke korea..
    Kak,,menanggapi catatan kakak diatas,,kak gimana caranya nyari info” profesor tersebut dan gimana tipsnya agar professor tersebut tertarik dengan email yang saya kirim??
    kak mohon bantuannya…pengetahuan saya masih sangat minim sekali…
    balas ya kak,,ke email saya aja.terimakasih kak..:)

  2. waalaikumsalam. salam kenal juga Risma.

    cara nyari info profesor gampang aja Risma. Coba googling top rank universities in South Korea. Nanti disitu ada list universitas di Korea. Nah nanti tinggal cari di google, dengan menggunakan keyword universitas yang mau Risma apply. Setelah itu biasanya pasti keluar website universitasnya.

    Nah, di website universitas itu lah nanti Risma bisa nemuin alamaat email profnya. biasanya di bagian akademis. nanti masuk jurusan, nanti ada pilihan profesor2. mungkin berbeda tiap website. disitu serunya nyari2 email.

    kl udah ketemu, langsung aja kirim email. konon katanya yg bisa menarik itu perkenalkan diri, tunjukin kalau Risma minat di research nya dia. kalau bisa pas ngenalin diri, agak narsis sebutin prestasi risma. nah, terakhir, tanya, adakah peluang beasiswa untuk mahasiswa asing di lab ybs. gitu aja. selamata mencoba.πŸ™‚

  3. Julio Dicko says:

    assalamualaikum kk ,
    tertarik tuh sma pertanyaan tntg beasiswa ,
    kan aku udah ktemu tuh bnyak email professor2 , trus pertam kirim email , apa yg harus saya tulis ?
    minta bantuannya ^o^

    • kenalin diri aja sambil nyelipin sedikit narsis, nyebutin satu prestasi yg bener2 keren. hehe. terus nyatakan ketertarikan dengan riset yang ada di lab dia. trus tanya deh, ada gak kesempatan untuk mahasiswa asing lanjut studi di lab dia.πŸ˜€ semoga berhasil yah !!πŸ™‚

  4. Assalamu’alaikum kak…

    waah jadi pengen nyoba..tapi aku masih kelas 3 SMK…pasti ga bisa😦
    he he…
    pengen dapet beasiswa di korea jurusan komputer di bagian desainnya..πŸ™‚
    kira-kira ada ga ya mba???

    he he…πŸ˜€

    -Wassalamu’alaikum ^_^

    • waalaikumsalam.
      wah, jangan berfikir gabisa dulu dong. kalau mau kuliah s1 dulu di Indonesia. nanti s2 nya di korea. mungkin itu lebih mudah. jurusan komputer banyak disini.

  5. lely says:

    mba mau tanyaπŸ™‚ kalo mau kul di korea mesti nguasain bahasa korea ya?? aku pengen kul disana.. tapi ga pinter bahasa korea.. jadi mest gimana mba??

  6. dewi says:

    salam kenal… Mba.. Aku tertarik banget pgn nyari beasiswa keluar.. Kalo untuk dokter gigi kira2 ada ngga ya mba? MOhon infonya ya…

    • halo dewi.

      saya punya temen disini yang apply beasiswa Kedokteran Gigi. Dia di Yeungnam University. Coba googling aja web univnya, cari profesor yang bidang kedokteran giginya sesuai minat kamu, trus kontak langsung emailnya untuk tanya lowongan beasiswa untuk orang asing. sekalian nanti saya tanya2 ke teman saya yg dokter gigi juga.

  7. puput says:

    Aslkm teh dinda.. Annyeong Haseyo..
    saya sudah brpa kali googling ttg beasiswa korea tpi susah dptnya.. Saya mahasiswa d3 sem akhir & sedang nyusun.. Kira2 dikorea ada program alih jenjang ke s1 nggak teh? Atau di universitas mana yg ada jurusan adm. bisnisnya?? Maaf yah teh p’tanyaannya banyak.. Salam kenal tehπŸ™‚

  8. erin says:

    Hai kak dinda…
    Sekarang masih di korea?
    Aku mahasiswa jurusan kedokteran dan setelah co-ass dansumpah dokter aku ada rencana mau ambil spesialis bedah plastik atau geriatri(orangtua) di sana. Ada rekomendasi univ yang bagus? Cara applyny gmana y? Kayakny surat rekomendasi betul-betul pengaruh sekali ya, ga di indo maupun korea

    • hai erin. sekarang saya sudah di Indonesia. wah, kalau kedokteran saya ak tau. tp coba apply ke top threenya korea. Seoul National University, Korea University dan Yonsei University. Oia, coba juga ke Konkuk University. Cara applynya kalau kedokteran saya gak tahu. tapi coba buka websitenya aja. trus hubungin langsung professornya. Atau apply KGSP, dan cek apakah ada jurusan kedokteran.

      • henny junita says:

        Salam kenal mbak^^
        Saya pelajar SMA baru kelas 2SMA tahun ini
        Saya sebenarnya K-Pop lovers dan sama sekali ngak niat mau kuliah disana
        Tapi saya bru googling dan ktmu blog mbak,tiba2 keinginan buat kuliah disana datang:)
        Saya prnh googling,katanya kalau mau kuliah disana wajib punya tabungan 100jt dan punya koneksi orang Korea.Apa itu benar mbak?
        Dan bagaimana pembelajaran bahasa disana mbak?Sulitkah?soalnya saya hanya tau beberapa bahasa korea dr drama2nya:)
        Makasih sebelumnya mbak^^

      • saya kurang tahu kalau info yang harus punya 100 juta dan kenalan orang korea karena saya sendiri mencari beasiswa. belajar bahasa disii jauh lebih mudah dibandingkan belajar di Indonesia. karena kalau belajar di Indonesia, kurang kepake selain di les. kalau disini kan belajar sambil dipake. jadi lebih cepat.

Leave a Reply

