Hati-Hati dengan Hati

Baru saja streaming suatu acara dari Metro TV yang mengulas tentang kehidupan Tokoh Populer. Dimana tokoh populer yang diangkat biasanya yang sedang hangat dibicarakan atau kontroversial di tengah masyarakat. Kali ini, tidak perlu disebutkan tokohnya, mungkin beberapa pembaca akan paham. Tapi intinya, bagaimana yang namanya hati itu bisa menjiwai setiap perbuatan kita sehingga segala hal yang disampaikan atau keluar dari hati yang ikhlas, maka itulah yang akan diterima atau ditangkap. Oleh hati lainnya.

Bukan perkara sederhana meluruskan niat dalam setiap pekerjaan yang kita lakukan. Dari pekerjaan kecil seperti tersenyum, menyapa orang, berterimakasih dan hal-hal kecil lainnya. Sampai pekerjaan besar seperti memperbaiki ekonomi suatu negara, menghibur jutaan penggemar dan lain-lain.

Sulit untuk dirumuskan melatih hati ini. Karena hati ini adalah barang yang mudah goyah. Setiap orang pasti punya cara untuk mengolah hati sehingga tidak terjerumus dari niatan sombong, niatan ria,,, Dan niatan jahat lainnya. Berfikir tentang hati juga bukan hanya dalam hal kelurusan niat dalam melakukan sebuah pekerjaan. Melainkan dalam menerima kebaikan.

Ini juga sepertinya harus dilatih. Kalau orang Islam, punya alat bantu untuk melatihnya. Yaitu dengan shalat. Shalat membantu kita dengan menggunakan hati melihat dan merasakan mana yang haq dan mana yang bathil. Mungkin agama lain, atau ada adat dari suatu masyarakat yang dapat melatih kepekaan hati dalam melihat kebaikan dan kejahatan.

Kalau kita percaya fitrahnya manusia itu adalah baik. Maka, hatilah yang baik itu. Maka barang yang satu ini memang harus super duper extra perawatannya. Kebersihannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s