Maksud Pertemanan

Seorang teman mengeluh. Karena iya baru saja mengenal orang. Dan berteman dalam beberapa hari ini. Namun sikap teman barunya itu membuatnya jengkel. Ia merasa dipergunakan atau dimanfaatkan dengan temannya. Di akhir ceritanya, teman saya tersebut berkata, “Saya menginginkan hubungan yang tulus. Jangan terlalu banyak tendensi. Ya, manusia satu sama lain saling membutuhkan. Tetapi semua ada etika dan normanya. ”

Sejenak saya terdiam. Sebelum dia bertanya pada saya. Saya memikirkan. Wah, selama ini, saya menjalin hubungan pertemanan dengan orang lain bagaimana yah? Jangan-jangan saya adalah orang yang tendesius juga dalam berteman. Hanya berteman jika kita membutuhkan. Belum sempat menemukan jawabannya, ia bertanya lagi, “Adinda, apakah saya salah?”

Waduh, pertanyaan yang sulit dijawab. Salah gak yah. Hmm. Mungkin bagi saya ini bukan masalah benar atau salah. Karena dalam menjalin hubungan, tidak hanya benar dan salah. Ada juga baik dan tidak baik. Sangat bergantung pada norma yang diyakini masing-masing atau dipegang bersama. Yang termasuk memanfaatkan orang itu seperti apa? Saya juga masih belum mengerti.

Tapi akhirnya, saya berfikir. Manusia satu sama lain tentunya saling membutuhkan. Hanya saja, hubungan yang sangatt ‘fungsional’ pada akhirnya memang kurang berkesan di hati. Dan rasanya kurang manusiawi juga kalau kita menganggap teman kita, manusia, adalah sebagai aset yang dapat dimanfaatkan. Berbuat baiklah kepada siapa saja. Dengan hati yang ikhlas. Dulu, Ummi pernah berpesan pada saya. Saat berbuat baik dengan orang lain, jangan pernah berharap mendapat balasan dari orang tersebut. Percayalah pada Allah yang memegang alam dan segala isinya. Kebaikan akan selalu berbuah manis, pada akhirnya, bersabarlah. Allah akan memberi bantuan, rezeki, dari tempat-tempat yang tak terduga.

🙂 Semangat terus untuk berbuat baik terhadap sesama. Dunia akan terasa sangat indah kalau semua orang saling membantu satu sama lain. Dan jangan lupa, bantulah dengan ikhlas.

Leave a Reply

