What’s Your Deepest Fear?

Saat mengerjakan Tugas Akhir (TA), saya kurang begitu peduli dengan hasil yang akan saya dapat. Semua seolah berjalan begitu saja. Penuh kerja keras. Bahkan saat itu, sedikit tidak peduli, akankah April atau tidak. Walaupun dalam rencana, inginnya April. Saat itu juga, tidak ada yang lebih menyita pikiran, selain TA. Sempat di akhir pengumpulan draft, TA saya ditolak untuk diajukan ke Tata Usaha. Gimana rasanya? Sangat kecewa. Sangat sangat kecewa. Saya merasa telah melakukan yang terbaik. Saya luangkan sangat banyak waktu di lab untuk mengerjakan Tugas Akhir ini. Saya bermain lebih sedikit untuk TA ini.

Dengan jalan yang lebih sulit, akhirnya saya diijinkan untuk mengumpulkan draft dan maju Sidang Tugas Akhir.  Proses STA nyaris tanpa rasa. Hanya di akhir saja. Merasa lega telah menyelesaikan semuanya.

Yang lebih tidak terbayangkan, pasca STA, pasca wisuda. Seringan ini kah rasanya? Hanya melepas sedikit beban. Dan tampaknya ada hal besar di depan yang belum membebani saya. Belum membebani. Karena sekarang semuanya terasa sangat indah. Dari gelapnya masa-masa TA, rasanya saat ini sangat terang.

Hampir dua bulan lamanya, merasa diri menjadi kontra produktif. Dan ini lah yang menjadi pikiran. Hidup pasca satu pencapaian. Sebagian orang hidup dengan banyak pencapaian. Sebagian lagi hidup dengan sedikit pencapaian. Tampaknya yang membedakan adalah apa yang dilakukan orang setelah mendapatkan suatu pencapaian. Berhenti? Puas? Merasa mendapatkan segalanya dalam hidup?

Pikiran seperti itu yang menjadi sangkar kemandegan. Walaupun hidup memang tidak bisa diukur dengan pencapaian demi pencapaian. Karena yang hakiki bukan di sini tempatnya.

Tapi, jadi teringat apa yang Cruz bilang di film “Coach Carter”. Tentang apa yang paling ditakuti dalam hidup. Cruz bilang, “our deepest fear is that we are powerful beyond measure. it is our light, not our darkness, that most frightens us“.

Leave a Reply

