JANGAN MAIN-MAIN SAMA PENYAKIT MAAG

Pagi-pagi tadi bangun-bangun langsung baca sms dari seorang sahabat sejak SMP:

Nda, lo lg apa? gw di opname nih…

Sms yang cukup singkat namun membuat hati ini tergerak. Wah, Icha diopname. Jadi kepingin ngejenguk nih. Dan gak lama kemudian, saya tahu kalau dia dirawat dimana. Akhirnya saya mengajak beberapa sahabat untuk ikut juga menjenguk. Sekalian silaturahmi dah cukup lama gak kumpul.

Setelah sampai di RS, baru tahu deh. Ternyata teman saya ini terkena maag kronis. Beberapa hari muntah-muntah bahkan minum obat pun tidak berpengaruh. Karena harus keluar lagi. Umminya bercerita ketika ketemu ICha di Bandung, rupanya sudah pucat sekali. Tepar di kamar kos.  Dalam hati… Hah? Maag doang bisa kayak gini? Ampuuun…

Saya juga punya sakit maag. Dan terkadang suka kambuh karena telat makan atau makan terlalu sedikit atau terlalu banyak. Untuk seseorang yang punya penyakit maag yang paling baik adalah makan dengan terjadwal dan dengan porsi yang pas. Beberapa bulan yang lalu juga teman ada yang masuk RS karena pencernaan. Setelahnya, diduga karena penyakit maag.

Walaupun tidak tahu efek panjangnya. Tapi masuk Rumah Sakit dan menelan waktu serta biaya bagi saya sudah cukup menyeramkan. Jadi? Sudah saatnya bagi kita-kita ini untuk membayar kesehatan kita dengan makan teratur dan dengan porsi yang pas. Kesulitan biasanya terjadi kalau kta sedang asyik mengerjakan sesuatu. Makan sebisanya dan sekenanya. Kadang bisa lupa dah hampir seharian blom makan. Dan nemunya roti, ya langsung makan roti. Karena malas mencari.

Intinya, diulang ulang nih. makan dengan terjadwal dan dengan porsi yang pas. buat anak kos juga. Walaupun terkadang di akhir bulan suka rada seret, tetep diatur jadwal makannya… inga’ inga’!!!

4 thoughts on “JANGAN MAIN-MAIN SAMA PENYAKIT MAAG

  1. bintang says:

    saya termasuk orang yg rada bermasalah ama makan teratur x_X

    ayo tang. mulai disiplin makannya. sehat itu mahal!🙂

  2. auliafeizal says:

    bener banget din, gua juga gak mau lagi2 deh cari gara2 sama perut, maag. tipus dll mengancam, klo udah sakit baru nyesel.Mendingan kita antisipasi dari awal deh. Yang susah terjadwal tuh makan malem sih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s