SIMPLE: TINGGAL TERTIB

Sore-sore hari ini, berniat pulang ke rumah, tetapi malah nyasar jalan-jalan keliling BAndung dengan menggunakan sepeda motor. Sampai kebingungan, kami singgah ke Mesjid Agung Bandung. Terdengar megah kan? Ya, memang MAsjid Agung merupakan gedung/bangunan yang dapat dikatakan cukup megah. Dengan sistem parkir basement yang dikelola perusahaan parkir profesional, lebih lagi. Semakin terdengar modern.

Tetapi saat memasukkan motor ke dalamnya, oops! Kotor banget basement nya. Gak terlalu terawat lagi. Bisa dibilang dekil lah. Saat menaiki tangga untuk ke bagian utama masjidnya, bertemu dengan peminta-minta dan toilet yang kotor dan tak terurus. Huf! Saya hanya bisa menghela nafas saja.

Begitu keluar, boom! Penuh banget dengan pedagang-pedagang, sampah-sampah kecil (rokok, bungkusan makanan, dll). Pokoknya bukan tempat yang nyaman untuk ditinggalin lama-lama untuk sekedar menikmati indahnya bangunan tersebut. Sambil menunggu yang shalat,,, saya mikir… Kok bisa ya pusat kota seperti ini? Saya ingat Surabaya, KL, Singapore, Tasikmalaya,,, Kayaknya gak gini-gini amat… Apa ya yang beda?

Setelah dipikir-pikir, rasanya ini akumulasi kejorokan individu-individu yang datang kesini. Ngeliat bapak-bapak enak banget ngebuang putung rokok di halaman MAsjid. Dan ternyata di tempat dia membuang, saya perhatikan sudah banyak putung-putung rokok lain. Ngeliat anak kecil, enak banget ngebuang bekas jajannya dimana aja. Anak muda juga, ada yang bersama kawan-kawannya foto-foto, sampahnya ditinggal aja di kursinya. Haduuuuuh… paingan (kalo kata orang sunda sih)….

Solusinya? Ya, setiap individu yang singgah kesana harus tertib. Kenapa harus tertib? Karena yang datang kesana harus peduli dengan kebersihan tempat itu. Kenapa harus peduli? Karena manusia butuh kenyamanan, dan bukan hanya dia yang akan menikmati fasilitas umum tersebut. Gimana cara bikin tertibnya? Nah, ini bisa dari 2 jalan. Pertama, harus lahir dari keinginan individu-individu yang datang. Yang kedua, sistem manajemen dan kontrol masjidnya. Masa Masjid sebesar itu gak punya sistem manajemen yang bagus sih?

AYO PAK DADA! BANDUNG SUDAH TIDAK TERLALU NYAMAN UNTUK DINIKMATI SETIAP DETAIL KEHIDUPANNYA. SIMPLE KOK: TINGGAL LEBIH TERTIB. MINIMAL TIDAK SESULIT PEKERJAAN: MENGHANTARKAN PERSIB MENJADI JUARA LIGA DJAROEM SUPER. Percayalah…

2 thoughts on “SIMPLE: TINGGAL TERTIB

  1. aidillapradini says:

    wah, gw belum pernah shalat di masjid agung. kayaknya parah banget ya

    Mungkin gak terlalu parah sii untuk lingkungan di BAndung. Tapi untuk ukuran Bangunan Penting (simbol kota), parah banget. MAen kapan2 deh i. Dan kasih komen lagi…🙂 Ok?

  2. wahidyankf says:

    masjid agung itu yang di asia afrika itu khan?

    iye din…bau tuh di sana…padahal gede bet…masjid gede2 tapi kek gak keurus…haha…

    iye. sayang yah yok. lo jadi walikota bandung aja yok. gw rasa lo jauh lebih baik daripada pak dada…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s