MEMBACA PAPER

Sekarang musimnya saya harus membaca banyak paper. Demi, guna, untuk…hehe. Mengerti topik Tugas Akhir yang diberikan oleh dosen pembimbing. Saya amat bingung membacanya. Rasanya sulit sekali memahami maksudnya, intinya. Apa sih yang pengen penulis sampaiin ke mahasiswa macem saya ini. Apa yang perlu saya ketahui. Sempat hampir putus asa karena tidak bisa memahami betul isi paper. Sedikit sekali dari tulisan tersebut yang bisa saya pahami.
Akhirnya saya bertanya kepada kakak kelas saya, gimana caranya. Beliau mengatakan kalau paper itu ditujukan untuk eksperties di bidang itu. Levelnya bisa dikatakan di atas basic. Jadi agak wajar kalau kita tidak langsung memahami isi paper tersebut. Terlebih di paper sering sekali penulis menulis angka di dalam kurung menunjuk sebuah referensi. Sehingga kalau ada yang kurang jelas dari penjelasannya, dapat kita refer to paper lain yang bisa menjelaskannya secara detail. Wah, jadi sebagai pemula, emang gede banget effort nya supaya bisa mengerti paper.
IDe lain, dari dosen saya. Ini lebih simple dan menyenangkan. Bacalah paper dengan seksama dan sabar. Ulangi sampai tiga atau empat kali. Kalau setelah empat kali belum dapat dipahami, maka tinggalkan saja paper itu. Berarti penulisnya yang kurang bagus menyampaiaknnya. CAri paper lain yang lebih baik untuk kita. Haha. Ini yang paling saya suka.😛
Selamat memahami paper-paper anda!

One thought on “MEMBACA PAPER

  1. auliafeizal says:

    gua blum bisa pokus euy ke ta, ke kuliah juga sih, haha

    btw thx tipsnya, bagus

    blm bisa pokus? mungkin ada hak org yg blom lo kasihin cap.*oleh2.hehe
    semangat cap! jgn kuliah lama2 kita, masyarakat dah menanti kita…*hhe.gaya gw
    semoga kita lulus pada waktu yg tepat…🙂

Leave a Reply

