HARI SATU “2+2 = 4”

Sebelumnya, kenalan dulu… Ekskursi ini adalah rangkaian kegiatan yang rutin diadakan oleh Subjur Power (sekarang dah jadi prodi) Teknik Elektro ITB. Kegiatan tersebut diantaranya adalah pembekalan pra-ekskursi, mengunjungi beberapa perusahaan yang terkait dengan bidang Power Engineering dan jalan-jalan (intinya bersenang-senang). Tahun ini, giliran 2005 yang dipimpin oleh Fela melaksanakan Ekskursi.

Hari pertama, saya datang pagi-pagi sekali (karena janjinya jam 6 kumpul) ke gerbang Ganesha. Tampak sebagian kecil sudah berkumpul. Sambil mengisi waktu menunggu yang lain datang, ada teman-teman yang duduk di meja yang diatasnya terdapat tumpukan kaos dan kemeja. Rupanya ada pembagian kaos dan kemeja (buat yang gak dateng pembekalan. hehe). Saya pun menghampirinya, memilih dan mencobanya ke masjid salman.

Balik-balik, ternyata saya salah kostum, padahal dah bener awalnya memakai jaket ekskursi. Eh, malah ganti kemeja. Kembali lagi saya ke salman untuk ganti. Selesai urusan kostum, duduk-duduk sebentar kemudian datanglah temen-temen logistik yang menyediakan sarapan pagi (GRATIS!!!). Hua… Enak, makan nasi kuning. Setelah kenyang, mulailah komplit semua, dan kami berfoto bersama di depan gerbang Ganesha.

Sebelum berangkat ada apel kecil. Dosen-dosen memberikan wejangan kepada kami. Dan buat saya, yang paling membekas itu adalah kata-kata Pak Syarief… Kurang lebih seperti ini…

Ekskursi ini semoga kalian akan banyak belajar hal baru. Kalau di kuliah kita belajar 2 + 2 = 4. Mungkin di Ekskursi kalian akan belajar bagaimana mengungkapka 2 + 2 ini dengan cara yang tepat. Adakalanya kita harus mengungkapkannya dengan:

2 + 2 itu… Hum… Berapa ya pak?

Kalau saya tidak salah… 2 + 2 itu 4. Begitu bukan?

Dan lain-lain..

Intinya sii… Yang saya tangkap, masalah itu bukan pada benar atau tidaknya apa yang kita ungkapkan.  Seringkali bagaimana cara mengungkapkannya itu yang bermasalah. Dan kita harus belajar bagaimana mengungkapkan apa yang kita tahu, apa yang kita yakini, dengan pas.

Beberapa dosen lainnya pun memberikan wejangan. Dan setelah itu, kami dilepas oleh Ketua Prodi, langsung menaiki bis. Kira-kira pukul 07.37 Kami berangkat ke Suralaya untuk mengunjungi PLTU milik Indonesia Power. Di sepanjang perjalanan, Kami bercanda, buka-buka snack, karaokean (cuman masih versi malu-malu) dan tidur (gak tahu nih ada acara ngerjain temen yang tidur apa nggak).

Perjalanan agak lambat saat masuk tol dalam kota Jakarta. Rupanya Jakarta sedang banjir dan ada kebakaran di Plumpang juga. Tapi gak tahu mana yang sebenernya bikin macet.

Lama juga, tapi akhirnya nyampe Suralaya. Kita makan siang dulu di Udiklatnya. Baru deh jalan-jalan keliling Suralaya. HAri pertama ini emang hari yang bar-bar. Semua peserta berfoto dan menggila. Mungkin emang view nya bagus banget buat foto-foto. Mesin-mesin besar, alat-alat canggih di dispatcher, cerobong asap, tiang-tiang power,,, apalah itu.?

Dan kami menginap di cottage “PULORIDA” (gak salah kan ejaan saya?). Bayangin aja, bener-bener cottage pinggir pantai ada kolam renangnya berderetan dengan restaurant. Hoho. Saya yakin kalau gak dikasih gambarnya pasti inget pantai-pantai dan cottage di Bali. Haha. Jadi baguslah, saya gak akan upload fotonya.😀

Makin asyik, malamnya ada panggung khusus untuk ekskursi. Seru-seruan lah. Power ini macem-macem emang jenisnya. Ada yang blom diajak banget aja dah gatel pengen maju. Ada yang mesti ditarik-tarik dulu baru maju. Eh ada lagi.. Yang udah ditarik-tarik dan dikejar-kejar juga tetep aja gak maju. Tapi secara menyeluruh, acaranya OK pisan. Seru dan berkesan. Sayang kolamnya nganggur gak ada acara jebur-jeburan kayak kalau di ITB. Mungkin karena airnya bersih jadi gak seru.

Malem mulai evaluasi… dan setelah selesai semuanya… ujaaaaaaaaaan… membuat temen-temen acara plus plus mesti lari keteteran menuju kamar…

Fiuh! Capek… Tapi senang….

One thought on “HARI SATU “2+2 = 4”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s