BEST RAYE (1)

Berangkat siang-siang dari Bandung menuju Jakarta. Pasukan semua lengkap: Abi, Umi, Uki, Nda (supir), Faqih, Abil dan Ila. Di sepanjang jalan, kami bersenda gurau (ila n abil sebagai korban. hehe). Sesampainya di Jakarta, Kami langsung menuju apartemen Menteng Prada. Maklum, keluarga di jakarta sudah mulai banyak. Jadi gak mungkin menginap semua di rumah Nenek. Dulu sih sebagai cucu tertua kedua, masih ngerasain lebaran yang sepi dan bermalam di rumah Nenek. Tapi sekarang rasanya sudah terlalu padat kalau semua menginap disana.

Sore-sore turun ke carrefour buat belanja buka
puasa. Buka puasa terakhir penuh dengan segala yang instan. Karena males masaknya, waktu antara datang dan buka memang tidak terlalu singkat. Tapi capeknya itu loh.

Malam takbiran kami berkunjung ke rumah Nenek di Jl Pemuda. Sekedar bertemu dan mengobrol ringan. Rupanya belum ada keluarga lain yang datang. Sempat mencicipi masakan Nenek yang enak dan penuh citarasa tradisional. Cepat saja, mampir ke apotik untuk beli obat buat Umi yang lagi alergi (salah obat kayaknya), langsung berpulang ke apartemen.

Malam itu susah sekali tidur, saya sekamar dengan Umi dan Ila. Setelah mengajari ila bagaimana bebersih sebelum tidur yang baik, kami berdua ngegosip (bayangkan bahan gosipan anak SD kelas 2 dengan anak kuliahan tingkat 4. Agak gimana gitu). Dan akhirnya kami capek ngomong, lalu terlelap.

Karena tidur terlalu larut, akhirnya ketebak siapa yang bangun duluan. Ya, Umi. Dimana orang-orang tertidur, beliau sudah menyiapkan baju untuk semuanya (nyetrika) dan sudah mandi. Saya yang baru bangun pada saat itu, langsung shalat dan menyiapkan sarapan sederhana, roti coklat dan minuman sisa tadi malam.

Semua satu persatu bangun dan mandi. Lalu bersiap. Ini foto keluarga saya setelah bersiap. Gak ada yang motoin, jadi agak jelek angle nya.


Karena kami berfoto, jadi selain foto ini, kami masih ngambil banyak foto. Tapi gak membuat kami terlambat kok untuk shalat ied. Awalnya berencana shalat ied di Dewan Dakwah. Tapi pas lewat, kok sepi? Ya sudahlah, akhirnya kami ke tempat biasa shalat ied, yaitu di Pulo Mas.

Gini nih bedanya lebaran di Jakarta dengan di Bandung, pas khotbah rasanya matahari sudah terlalu panas. Coba bersabar, eh, diajak ngobrol ma tetangga shalat. Baru kenal. Jadi khotbahnya tidak terlalu bisa mencerna. Yang jelas sih, intinya tentang bagaimana menjadi muslim yang jauh dari kemiskinan iman dan harta. hehe. Begitulah…

Setelah ied, langsung menuju rumah Nenek. Semua keluarga berkumpul. Berusaha mendapati semua berkumpul. Tapi sulit. Jadi saya hanya share beberapa foto. Inilah keluarga ku di Jakarta.

Foto pertama, cucu Nenek yang perempuan (minus Lea aja. Karena mudik ke Madiun)

Foto kedua, cucu Nenek yang cowok (minusnya banyak). Soalnya gen keluarga yang di Jakarta ini kuatan Y daripada X nya. Jadi lebih banyak laki-laki daripada perempuan. Sayangnya, yang laki-laki kurang gemar berfoto.

Foto yang ketiga, anak dan mantu perempuannya Nenek. Kurang satu juga. mamahnya lea.

Segitu aja foto-fotonya. Maaf kurang bagus penempatannya. Maklum, blogger amatiran. Hehe.

Kami stay di rumah nenek aja sampai adzan duhur. Karena Kakek salah satu orang yang dituakan di kampung itu, jadi kami lebih banyak dikunjungi tetangga daripada mengunjungi. Ketika sudah mulai sepi, saya dan keluarga kembali ke apartemen dan bersiap pulang ke Bandung. Tetapi ada acara baruuu. Abang saya kedatangan pacarnya. hehe. Jadi kami penasaran pengen kenalan. Dan akhirnya kami mencari baso enak. Dapat di simpang tiga. Dari sana, sempat kembali ke rumah Nenek untuk berpamitan.

Lalu perjalanan dilanjutkan ke rumah Mbak Indri (sori make mbak), bertemu ayah dan abangnya yang gak ikut mudik ke Solo. Mengobrol sebentar, langit sudah mulai gelap. Sebelum maghrib, kami berpamitan dan dapat bonus mangga. hehe. Makasih ya mbak…

Pulanglah ke Bandung. dan muacet sekali di Cipularang. Weleh-weleh. Sampai saya gantian menyupir dengan Abi. Ngantuk dan pegel berat. Sampai di bandung jam 22.00. Harus langsung istirahat. Karena besoknya ada silaturahmi keluarga Aki Nonoh.🙂

Berkumpul… Saling membebaskan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s