PILIHAN DAN TANGGUNG JAWAB

Beberapa waktu lalu, saya merasa kalut dengan hidup saya. Kalut disini seolah hidup saya tidak memiliki tempo atau bahkan lebih tepatnya, tidak terkendali. Ada banyak sekali tugas yang meminta untuk diselesaikan. Namun ternyata saya tidak pandai memilih mana yang seharusnya dikerjakan terlebih dahulu. Ini bukan hanya urusan waktu, namun resiko jika satu pekerjaan didahulukan daripada pekerjaan lain. Memilih memang hal yang sederhana. Ya, memang hidup itu sederhana saja. Sesederhana menentukan satu dari banyak pilihan yang ada atau kita ada-adakan, kemudian menanggung resiko atas pilihan tersebut.

Cara menanggung resiko inilah yang pada akhirnya menjadi sangat representatif untuk membedakan satu manusia dengan manusia lainnya. Karena hanya hal tersebut yang dapat dengan mudah dilihat dan dirasakan oleh orang lain. Menyesal mungkin menjadi keniscayaan dari ketidaksempurnaan manusia.

Godaan hampir selalu hadir dalam setiap usaha atau kerja keras kita. Sayangnya, sebagai manusia kita tidak bisa menolak dikaruniai otak untuk berfikir, hati untuk merasa dan nafsu untuk menjadi ‘bergairah’ dalam menjalankan kehidupan. Sehingga ketiganya dapat menjadi pintu gerbang masuknya berbagai godaan.

‘permisif’ terhadap berbagai godaan yang hadir, berarti mengijinkan diri kita untuk memiliki karakter yang tidak ‘on the track’. Ini bukan masalah ‘fleksibel’, tetapi proses terbentuknya sebuah mentalitas. Bukan lingkungan, bukan Tuhan, bukan si A, si B bukan siapa-siapa. Hanya kita, manusia, yang bertanggung jawab terhadap siapa nantinya diri kita ini.

Sudah selayaknya kita selalu mempertanyakan apa yang sudah dilakukan oleh diri kita selama ini. Sudah selayaknya kita menilainya. Sudah selayaknya juga kita menentukan sikap berikutnya.

Kalut… Apa menjadi sebuah tanda saat diri ini kehilangan jalan-Nya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s