CITA-CITA MENJADI DOSEN

Umi ku guru…

Abiku trainer…

Kakekku guru…

Aku? Dosen aja ah…

Hehe. Bukan bermaksud ikut-ikutan jadi pendidik gara-gara garis di atas semua pendidik dan berkecimpung di dunia pendidikan. Tapi saya senang sekali mengajar. Terlebih ilmu yang benar-benar saya kuasai. Kata orang banyak orang menjadi guru tetapi tidak berkembang ilmunya. Bagi saya itu worst case, meskipun tidak sepenuhnya salah. Kalaupun itu benar, semoga ilmu yang tidak berkembang itu dapat menjadi dasar orang lain berkembang.

Saya ingin menjadi pembelajar sejati. Dengan menjadi pendidik, harapan besar memiliki semangat untuk terus menerus belajar mengahadapi mahasiswa, bersikap nice saat mengajar dan menjadi dosen yang berdedikasi tinggi.

Hal terpenting menjadi dosen adalah membuat mahasiswa antusias mempelajari mata kuliah yang diajarkan. Konsepnya adalah memudahkan mahasiswa memahami ilmu yang ‘wajib’ mereka pahami sebagai calon engineer dan membuat mereka memiliki semangat untuk mempelajari bahan ajar lebih jauh. Lebih expert, dapat membuat mahasiswa lebih cerdas setelah mengikuti kuliah.

Saya juga ingin sekali menularkan semangat kepada mahasiswa setiap kali masuk ke ruangan kuliah. Karena saat ini kalau melihat dosen masuk ke ruang kuliah dengan wajah muram dan berbicara dengan suara pelan ditambah dengan slide yang sulit dibaca. Huaaa….Tampaknya semakin sulit menemukan fokus kepada bahan ajarnya. Dulu saya pernah berkhayal, saya mempunyai ruangan kuliah sendiri di ITB. Mahasiswanya bebas mau duduk dimana saja. Ruangannya warna-warni dan ber-AC (kalau di daerah panas sekali), bangkunya juga warna-warni. Ada perpustakaan kecil berkaitan dengan bahan ajar. Ada pemutar musik, video dan layar jika perlu menonton sesuatu. Semua Mahasiswa harus mencopot sepatunya agar ruangan tetap bersih. Saya akan memberinya karpet dengan warna cerah. Ujian dilakukan per BAB. Dan semua mahasiswa dibuat terbuka jika menghadapi masalah dengan bahan ajar.

IP… IP… Ya, menjadi dosen katanya harus memperhatikan IP… Tapi let’s see… Betapapun IP saya sekarang saat ini, tapi kekuatan itu masih ada. Semoga niat ini tidak kandas begitu saja.

*sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak shaleh…* Haven’t u got these All?

3 thoughts on “CITA-CITA MENJADI DOSEN

  1. Aji says:

    salam kenal untuk adinda..cara belajar yang terbaik adalah dengan cara mengajar..salam dari dosen/trainer di pekanbaru🙂

  2. Chibi says:

    g jg mo jd dosen..🙂
    kita sama” rajin belajar yah biar cita” kita kewujud!!! ^^
    ganbatte kudasai..

    yup. belajar dan berdoa.🙂 sukses selalu ya!
    salam kenal!

Leave a Reply

