Menukar Rupiah ke Won

Di Korea, mata uang yang digunakan untuk sebagian besar transaksi adalah won. Jadi, buat indonesia-ers sekalian, ada info penting nih. Jangan belanja make rupiah di Korea. Wkk. Penting abis ya infonya. Sebenernya saya lagi pusing aja milih kata pengantar buat tulisan saya yang satu ini. Yang pasti, mari kita obrolin tentang nukerin rupiah ke won atau pun sebaliknya.

Sejauh ini, nilai jual dan beli Won di Indonesia nih gak bagus, sumpeh. Misal, kalau misalnya kita beli bisa sampai 9, sedangkan jual bisa 7 koma besar (7.8, 7.9, dll). Jadi jangan beli Won di Indonesia, mahal. Dan jangan jual Won di Indonesia, murah. Berbeda dengan dollar di Indonesia, yang mana harga jual dan belinya gak terlalu beda. Dan kayaknya sih, nilai tukar aslinya di antara nilai jual dan beli. Dibandingkan Euro, Poundsterling, juga dollar kayaknya paling bagus. Apalagi kalau dibandingkan dengan Won. :D

Jadi, kalau mau ke Korea, mendingan tuker Won di Indonesia sebutuhnya aja, sampai nanti di Korea bisa ke bank setempat nuker uang. Atau di money changer terdekat. Yang pasti bukan di bandara yah. :D Jelek aja di bandara mah.

Begitu juga kalau mau balik ke Indonesia, jangan bawa Won banyak-banyak. Sisain aja Won nya untuk keperluan sampai pulang ke Indonesia. Sisanya, tukar ke Dollar. Kenapa gak ke rupiah aja sekalian? Nah, saya gak punya pengalaman menukar uang di money changer. Saya hanya menukar di Bank saja. Nah, di Bank tempat saya menabung, Nonghyup, kebetulan tidak bisa menukar ke rupiah.

Khawatir nilai dollar turun? Iya sih emang nilai dollar turun, tapi dollar disini dipake cuman buat alat tukar aja, bukan untuk disimpen. :D Yah, kira-kira juga sih. Jangan sebulan sebelum pulang atau pergi nukernya. Deket-deket aja.

:) Selamat menukar dan menggunakan won di Korea…. Dan semoga berhasil menyelematkan beberapa ratus ribu rupiah uang anda… (kalau nukernya mahasiswa kayak saya) :)

46 Comments (+add yours?)

  1. Nissa
    Sep 24, 2011 @ 12:56:10

    kalo mau nukerin Rp ke KRW dimana ya mbak? saya rencana November mau ke korea…berarti nggak dituker di bandara yah duitnya?

    Reply

  2. worldstravelnotes
    Oct 31, 2011 @ 14:19:09

    halo, aku juga nov ke korea tgl 7-15 ni, wah yg punya web stay sana kah? bagusan kita tuker dollar ke won di korea aja yah? trus tuh Golden Money Changer ada di mn aja? dollar dia mulus tak?

    Reply

    • coxon3011
      Oct 31, 2011 @ 14:20:41

      iya saya stay di korea. iya, bagusnya gitu mas. saya gtau tepatnya ada dimana aja. yang pasti saya tahu ada di bandung dan di solo. mungkin ada juga di kota lain.

      Reply

  3. princessneptuns
    Jan 25, 2012 @ 13:21:32

    oh berarti enakan bawa dolar aja ya ke koreanya? emang jauh bgt mba bedanya antara beli won di indonesia pake rupiah, sama beli won di korea pake dolar? trus enaknya nuker dimana dolarya kalo di korea? thanks

    Reply

    • coxon3011
      Jan 25, 2012 @ 13:53:03

      jauh mbak. kalau misalnya ikutin kurs yang ada di google, misal won lagi 7.8. nanti di indonesia nukernya jadi 8.1. sedangkan kalau make dollar, itu lebih stabil. dollar di indonesia stabil. dollar di korea stabil. sedangkan kalau won di indonesia gak stabil (cenderung mahal bgt). trus di korea juga rupiah gak bisa dituker di bank2. harus di bandara atau money exchanger tertentu.

      kalau mau nuker di korea, yg pasti jangan di bandara. ke bank2 aja. kebetulan saya belum punya pengalaman nuker dollar di korea selain di bank.

      Reply

  4. bunda fien
    May 26, 2012 @ 00:23:02

    Biasanya saya kalo liburan (khususnya Asia) mending bawa dolar karna itu nguntungin kita banget paling bawa mata uang setempat beberapa saja untuk keperluan transport sampe dihotel. Berarti ini berlaku juga untuk ke Korea ya?
    Sorry saya agak bingung baca tulisannya mba…artinya harga tukar (jual)won kerupiah itu lebih mahal daripada kita beli won dijakarta begitukan?
    Terima kasih info2nya

    Reply

  5. indah
    Aug 31, 2012 @ 16:38:35

    iya mbak bentar lagi saya mau ke korea aku mau nanya aja kalo di korea bisa nukar uang dari dollar ke won? thanks :)

    Reply

  6. gani
    Sep 20, 2012 @ 22:07:49

    mba saya sekarang di korea terus hampir keabisan won, tapi bawanya rupiah bukan dollar, kira-kira money changer yg bisa nuker rupiah ke won di mana ya mba?

    Reply

  7. nopan
    Jan 22, 2013 @ 06:06:46

    Paling enak emang jalan2 pake dolar, terutama asean. Beberapa hotel n resto biasanya mau kok dibeli pake usd

    Reply

  8. Iswandy Rani Saputra
    Feb 08, 2013 @ 03:27:37

    mba kira2 5000 won berapa rupiah tuh … saya punya 20 lembar uang korea yang 5000 won

    Reply

  9. abu hanifah
    Mar 08, 2013 @ 21:37:59

    8.8 itu=8800 yea mba…?

    Reply

  10. Anugerah Dewi
    Mar 09, 2013 @ 20:03:28

    mau tukar uang won ke rupiah dmn ya yg mau terima?

    Reply

  11. Danian
    Mar 11, 2013 @ 21:35:04

    berarti misalnya saya di indonesia punya uang 600 dollar dan 5 juta rupiah. pada saat ingin ke korea untuk dollarnya tetap dibiarkan saja. tapi 5 juta rupiahnya di tukar ke dollar semua dulu? setelah ditukar dollar semua, saya conversi sebagian di indonesia ke won, untuk keperluan transport sesampainya di sana. selebihnya ditukar di korea saja? begitu mbak? oia nama money changer yg bagus dan terpecaya namanya apa saja mbak? terima kasih sebelumnya:)

    Reply

    • coxon3011
      Mar 13, 2013 @ 08:38:48

      ya. begitu mas. kalau untuk money changer yang terpercaya, saya lebih menyarankan mas cari money changer nya di Bank. Beberapa bank ada yang deket tempat wisata. contohnya di insadong. tp memang kelemahannya hanya bisa weekdays dan jam kerja itu. beberapa bank yang pernah saya coba Korean Exchange Bank (KEB), Shinhan Bank, Nonghyup Bank. Ratenya juga bagus.

      Reply

  12. nndya55
    Apr 10, 2013 @ 08:51:21

    mbak, mau nanya nih. saya mau ke Korea mei ini. kalau dari komen2 di atas, saya nangkepnya lbh baik tukar rupiah ke dolar buat simpanan dan bawa won secukupnya. kalau misalnya di antara bank dengan money changer yg ada di kawasan pertokoan (myeongdong or insadong) lebih bagus mana ya rate untuk dolarnya?
    makasih sebelumnya.. ^^

    Reply

    • coxon3011
      Apr 15, 2013 @ 08:43:25

      kalau bisa nukernya di bank aja. jangan di money changer tempat wisata. tp setau aku, di insadong ada bank buat nuker uang asing. di dekat stasiun anguk.

      Reply

  13. artronik
    Apr 14, 2013 @ 16:57:18

    Mbak, awal mei ini aq rencana ke korea. Gimana kondisi disana saat ini, apakah kondusif buat jalan2? Aq rencana 3 minggu dsana, makasih.

    Reply

    • coxon3011
      Apr 15, 2013 @ 08:42:25

      saya sudah tidak di korea. tapi suami saya masih disana. kalau berdasarkan penjelasan suami sih, aman2 aja kl sekarang. gtau kalaua awal mei bagaimana.

      Reply

  14. afsa
    Apr 14, 2013 @ 21:30:11

    mabk mau nanya kalo 1 won itu brapa rp y mbak ??
    saya mau k korea tapi masih bingung sama tmpat tggal, yg pasti mau yg murah mbak, dll nya, trus kalo sendirian k korea aman ga mbak ?? mohon info nya.

    Reply

    • coxon3011
      Apr 15, 2013 @ 08:41:27

      coba ketik di google aja “1 KRW to IDR”. ke koreanya mau jalan2 atau ngapain mbak? tempat tinggal banyak dorm mura. aman insya Allah asal punya bekal. kkk

      Reply

  15. Vincent Tavares
    Jul 29, 2013 @ 21:12:13

    mohon infonya,saya mau tukar uang won korea utara pecahan 5000,tempatnya di mana ya?trimaksh

    Reply

  16. Aftajunya
    Aug 22, 2013 @ 16:47:56

    Mbak kalau korea excange bank itu ada dimana aja ya? Soalnya saya mau ke korea tgl 27 nanti isyaallah jika tidak ada halangmelintang
    :D

    Reply

    • coxon3011
      Sep 03, 2013 @ 05:54:49

      saya tidak hafal mas. tapi biasanya KEB selalu ada di tempat ramai. di insadong yang saya ingat, ada di depan sebelum masuk ke insadongnya. dekat keluar stasiun anguk

      Reply

  17. Martin
    Sep 04, 2013 @ 00:21:31

    Mba maaf mau tanya.. Jadi lebih aman bawa rupiah ke korea dan tuker disana apa bawa won yang sudah ditukar di indo?? Kalo pulang darinsana si biar aman nya tuker won disana ke dollarvdan same disini baru tuker ke dollr y mba? Mohon bimbingan suhu won :) thank you

    Reply

    • coxon3011
      Sep 23, 2013 @ 10:36:40

      kalau sekarang rate won gak terlalu buruk ya. jadi kalau bisa bawa won mah bawa ajaa. tapi kalau takut kurang, cadangannya jangan bawa rupiah, tapi bawa dolllar. karena rupiah disana ratenya rendah dan sulit cari tepat nukernya. jadi amannya bawa won dan dollar

      Reply

      • dinda
        Oct 10, 2013 @ 18:58:45

        Aku lg pilih2 t4 liburan..pengen ke korea…tp takut makanan dsana..krn aku muslim..kira2 byk jual makanan halal ga?

      • coxon3011
        Oct 24, 2013 @ 22:18:09

        gak banyak. susah. tapi kalau di seoul ada tempat yg banyak makanan halal. nama daerahnya itaewon.

  18. vivi
    Oct 25, 2013 @ 09:08:55

    aq mw tanya aq dpat uang korea 1000 won tp rncna mw aq tkar pkai rupiah brapan ea low di rupiahin

    Reply

  19. anti
    Nov 25, 2013 @ 15:59:49

    aq mw nanya aq dapet uang 15000 won tp rencana aq mw tukar ke rupiah brpa ya klw di rupiahin…???

    Reply

  20. Restu Dewi
    Feb 14, 2014 @ 23:52:30

    hai mba makasih ya ulasannya.. senang berkunjung ke sini..

    cuma mau update aja.. baru cek ricek ke ibu gugel, won 2014 skg jadi 11 IDR ya.. hiks hiks ,.. jadi mahalan deh..

    demikian infonya.. moga aja saya salah

    Reply

  21. siswanto
    May 06, 2014 @ 10:08:47

    mb mau nanya klo mau tuker won ke rupiah kemana ya? soalnya ga semua bank atau money changer mau

    Reply

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 26 other followers

