Jalan-Jalan di Korea (Part. 1)

Tulisan ini terinspirasi dari sebuah insiden, haha, insiden yang menyenangkan. Dimulai dengan niat mengambil barang titipan dari Ummi yang dibawakan oleh orang tua murid SMP Darul Hikam tempat Ummi saya bekerja. Kebetulan beliau dan anak-anaknya sedang berlibur ke Korea Selatan. Malam itu jam 11 KST di Hyundai Residence Seoul saya bertemu dan menghambil titipan. Tapi kami akhirnya mengobrol panjang tentang rencana perjalanan mereka selama di Korea. Dan akhirnya sepakat untuk bersama jalan-jalan ke tempat-tempat menarik di Seoul dan sekitarnya. Dimana saya menjadi guide dadakannya. Karena mereka kesini tanpa travel.

Dan inilah tempat-tempat di Seoul yang kami kunjungi di hari pertama. Dan menurut saya semuanya sangat menarik untuk dikunjungi…

  • Istana Gyeongbokgung

Istana ini adalah istana yang katanya terbesar di Korea Selatan. Beberapa hal yang dapat dilakukan disini anatara lain, melihat upacara pergantian pengawal. Saya tidak tahu kalau ada jadwal lain, cuman setelah 3 kali kesana. Saya selalu pagi sekitar jam 9 berangkat dari hotel. Dan selalu berkesempatan melihat upacara tersebut. Selain itu terdapat kolam besar yang di tengahnya terdapat rumah Korea, sangat indah. Terlebih saat fall atau spring. Untuk teman-teman yang penasaran dengan hanbook (baju tradisional Korea), di tempat ini terdapat spot untuk mencobanya secara gratis. Untuk memasuki obyek wisata ini, kita diharuskan membayar tiket. Seingat saya tidak sampai 3000 won harganya. Istana ini dapat dicapai dengan subway. Turun di stasiun Anguk, Line 3. Kemudian berjalan sejauh kurang lebih 300m.

Istana ini berdampingan juga dengan museum nasional Korea. Banyak pameran menarik tentang beberapa tradisi Korea dari zaman ke zaman. Seperti kebanyakan negara maju, museum ini ditata dengan sangat baik dan menarik. Selain itu, untuk masuk kesini, gratis! Jadi tidak ada salahnya untuk dicoba. Di dalam museum ini pun terdapat museum anak. Sayangnya, saya tidak pernah mengunjungi museum anak ini. Jadi tidak bisa bercerita banyak tentang museum ini.

Di tempat ini, bagi yang suka foto-foto tempat-tempat terkenal di dunia, cocok banget. Soalnya tempat ini suasananya Korea banget!

  • Insadong

Tempatnya tidak jauh dari istana gyeongbokgung. Sama-sama turun di stasiun Anguk. Dan lebih dekat dari stasiun dibandingkan ke gyeongbokgung. Insadong ini adalah pusat oleh-oleh khas Korea. Berupa satu jalan utama yang panjang, dimana kanan kirinya penuh dengan toko-toko penjual souvenir khas Korea. Dengan harga yang ditawarkan cukup murah. Kita bisa mendapatkan 10 pulpen, gantungan kunci, atau barang-barang kecil sejenis dengan harga 10.000 won.

Tidak hanya barang seni yang murah. Disini juga terdapat barang-barang antik dan mahal. Kalau diperhatikan, ada barang-barang yang sama dengan harga yang jauh berbeda. Tapi jelas kualitasnya pun jauh berbeda. :) Selain toko-toko souvenir, terdapat beberapa penjual makanan khas korea. Jajanan maksudnya. Bagi muslim, kita dapat mencoba hotteok (ada satu spot yang paling enak), odeng, dan ada dua kue yang saya tidak tahu namanya. Yang pertama seperti permen tradisional. Manis dan terdapat kacang. Terus ada makanan seperti biji. Agak besar sebesar bola beklen. Warnanya coklat dan dibakar. :)

  • Itaewon

Itaewon ini tempat yang cukup unik di Korea. Karena disini banyak orang asing berkumpul. Sekilas, daerah ini terlihat lebih jorok. Tanya kenapa? :) Kalau kata teman Korea saya, suasana di Itaewon benar-benar asing buat dia. Karena banyak orang berbahasa Inggris dan tidak banyak orang Korea disana. Disini terdapat beberapa restoran dari berbagai negara. India, Turki, US dan lainnya saya kurang hafal. Juga beberapa restoran tersebut menyediakan makanan halal. Kalau ke Itaewon saya biasa menyantab Kebab Turki. Toko Kebab disini lumayan banyak. Dengan variasi harga 3500-6000.

Toko-toko yang menjual produk-produk non-korea juga tersedia disini. Buat orang Indonesia yang kangen dengan Indomie, saus ABC dan aneka produk Indonesia lainnya, sangat mudah mendapatkannya disini. Bagi muslim pun, terdapat toko-toko daging halal. Dan lebih fresh dibandingkan di Toko Asia di beberapa kota di Korea.

Yang tak kalah menarik. Disini terdapat Masjid pertama di Korea. Islamic Center. Setiap weekend, terdapat kegiatan beberapa orang Korea yang belajar Islam. Beberapa mualaf baru. Shalat disini memberikan kenikmatan tersendiri. Dimana masjid sangat jarang ditemukan di Korea. :) Dari beberapa perjalanan, pas banget meluangkan waktu makan siang dan shalat sebelum melanjutkan ke tempat-tempat menarik lainnya.

  • Meyongdong

Tidak bisa berkata banyak tentang tempat ini. Karena dalam waktu yang sangat singkat, rasanya tidak mungkin mengunjungi semua bagian di Myeongdong. Hanya saja dalam pengamatan saya, disini banyak menjual barang-barang bermerk. Louis vitton, Adidas, Nike, dll. Soal harga? Kalau dibandingkan di Indonesia mungkin tidak jauh beda. Hanya saja model-model barangnya menurut saya lebih lucu, cute. :) Terus di sepanjang jalan banyak sekali kaki lima yang menjual barang-baranh sehari-hari sepeerti baju, topi, syal, sepatu, tas, dll. Dan boleh saya bilang barang-barang tersebut lucu-lucu.

Baju-baju lucu yang dijual, menurut saya kelasnya seperti butik di Indonesia. :) Dan dengan harga yang jauh lebih murah daripada butik di Indonesia. Sampai-sampai saya berfikir, kalau di Korea ini defaultnya barang-barangnya lucu-lucu. Barang apapun, kaos kaki, tas, baju, syal, dll. Oia, untuk menggapai tempat ini sangat mudah. Cukup naik subway dengan tujuan Stasiun Myeongdong.

Saya juga pernah melihat foto-foto teman saya di Facebook yang sedang jalan-jalan ke Myeongdong. Tampaknya ada semacam tempat seperti pasar baru. >.< Sayangnya, saya tidak sempat menemukannya.

  • Yeoeuido

Di penutup senja, kami pergi ke Yeoeuido. Yeoeui adalah suatu pulau di sungai Han. Terdapat taman yang sangat luas dan Indah. Apalagi ketika senja, melihat tanah yang lapang ditemani pemandangan gedung-gedung di sekitarnya yang sudah mulai menyalakan lampu. Ditambah langit yang memerah karena senja.

Dalam perjalanan kali ini kami pergi ke Stasiun Yeoeuinaru. Bukan stasiun Yeoeuido. Karena  kami mengincar perahu yang mengelilingi Yeoeuido. Terdapat perahu dengan berbagai jurusan. Ada yang mengelilingi pulau Yeoeui, ada juga yang pergi ke suatu tempat. Saya kurang hafal nama daerahnya. Suasananya sangat romantis naik perahu di sungai besar dengan pemandangan gedung-gedung di Seoul. Sangat santai dan tenang. Seingat saya harga perahu sekita 11000-15000 won. Bergantung track yang dipilih.

Kalau tidak mau naik perahu, kita dapat makan di restoran kapal dekat port perahu. :) Suasananya sangat nyaman dan indah. Terdapat beberapa rumah makan. Mungkin yang cukup dikenal adalah KFC dan ada supermarket. Supermarketnya menjual makanan-makanan yang bisa Muslim makan. Kalau ragu dengan kehalalan makanan di restoran-restoran yang ada.

Selain itu, ada penyewaan sepeda. Tetapi saya tidak sempat mencoba. Cuman kayaknya seru nih. :) Di tamannya juga kita bisa botram. Bahkan ada dong saya lihat orang masang tenda kecil disana. Pacaran -____-’ Niat abis!

Nah, mungkin sekian dulu cerita jalan-jalan saya di Korea. Saran saya, kalau mau berwisata puas di Korea, penting punya kamus dasar percakapan bahasa Korea. Apalagi untuk muslim. :) Selain itu perjalanan yang terencana akan semakin membuat perjalanan kita lancar. Sejauh yang saya kenal, di Korea, hampir semua petunjuk jelas. Dan di Seoul, banyak juga petunjuk yang menggunakan bahasa inggris.

Penasaran jalan-jalan ke Korea? Segera cek tiket murah…. Dan berangkat! :D

About these ads

177 thoughts on “Jalan-Jalan di Korea (Part. 1)

  1. Wah enak ni si abang,,hahaha

    Tahun depan pengen ke korea nii, tapi bingung ama takut kalo visa turis di tolak..

    Ada tips2 buat visa dan harga guest house murah di sana ?

    haha,

    • abang? -___-’

      adek saya akhir bulan kesini. bikin lewat travel aja. di bandung 380rb. syarat yang penting sih ada tabungan minimal berapa gitu saya lupa. kalau itu udah, gampang. :D Gak susa kok ke korea. gak kayak ke amerika dan eropa.

      kalau harga guest house banyak tempat yang kayak asrama gitu. jadi kita nginep di kamar dengan beberapa orang. sila googling sendiri. coba juga cek banana house. di seoul.

  2. sarang says:

    Aslmk…..

    Salam kenal mba …. waah, kynya asik y jalan2 d sana, salah satu impian saya tuh pengen jalan2 kesana, mba lg stay d seoul y? saya sama adek punya rencana mau traveling k sana sekitar awal bulan juli, saya sendiri berkerudung, mba adinda jg berkerudung y? suka ada yg ngelihatin aneh gitu gak sih mba sama yang berkerudung, terus mau tanya juga tempat2 diatas itu bisa dikunjungin dalam satu hari y?…

    Terima kasih ya mba, atas jawabannya ^^

    • waalaikumsalam

      salam kenal juga mbak… ^^

      saya lagi stay di Cheongju, 1.5 jam dari seoul dengan menggunakan bis. wah, asik mbak. tapi mungkin sedang panas2nya disini sata bulan juli. saya berkerudung. kalau jalan2 di seoul, mungkin masih ada beberapa yang ngeliatin. tapi cuekin aja mbak. lagian mereka emang aneh ma kita. apalagi kalau summer nanti, secara disini lagi puanas. tapi mereka gak ofensif kok. hanya melihatin kita saja.

      tempat2 di atas saya kunjungi dalam sehari saja mbak… ^^

      Selamat jalan2 mbak..

    • saya gak pujya info travel murah. kalau mau coba cari2 di websitenya airasia aja. kemarin adek saya dpt tiket PP pmurah 3 juta. transit di KL. kalau biaya di sini, motel di seoul ada yang harganya 300-400rb per malam kalau di rupiahin. dan kalau kegiatan disini. bisa search di google website2 resmi tempat wisata dan harga tiketnya. untuk transportasi. kalau hanya ingin berjlan2 di seoul, bisa buka websitenya MRT Korea. keywordnya “smrt korea”. nanti disitu ada jalur dan harganya. make bahasa inggris juga ada.

  3. annyong mba :)

    salam kenal ya, kalo boleh tahu kira2 persiapan apa aja ya kalo mau ke korea terutama financialnya :0 soalnya pengen banget ke korea. oia disana tinggal sampai kapan mba?

    • annyong!! :D

      salam kenal juga shineesastee….. yang pasti rencana perjalanan disini mau gmn, nginep dimana,. kalau finansial, bergantung sama rencana perjalanan tadi mau kemana aja, berapa lama. saya tinggal sampe thaun dpn kayaknya.

  4. yuniies says:

    asalamualaikum ka. salam kenal eoni.
    aku reader baru disini.hehe tertarik sama cerita eoni yang jalan-jalan di Korea. cieeeeeeeeee enak dong ka, ketemu artis-artis koreanya ga ka? *plakkkkkk ga nyambung.hahaahah*
    abis aku pengen ke Korea, karena pengen ketemu artisnya.hehehe
    pake kerudung ya ka? gimana disana banyak muslim berkeliaran ga ka? hahahha

    • waalaikumsalam. hehe. sala kenal juga…. hehe. aku malaah blom pernah, lha wong di korea cuman di lab aja. :D

      disini gak banyak muslim. apalagi berkeliaran/ :D iya sayamake kerusdung

  5. Jenny says:

    Hi Mba,

    Saya rencana jalan ke korea tgl 12 sept 2011 ini, kira kira sedang musim apa yah ??
    Saya rencana ingin ke Jeju island, jadi dari seoul ke busan, busan – jeju naik pesawat, dan jeju ke seoul lagi / incheon

    mau tanya kalau mau ke mount Sorak dari seoul apakah bisa naik bis saja ?/ dan pergi pagi , pulang sore ??

    Tempat nginep yang dekat pasar murah spt Namdaemun itu yang paling lumayan dimana yah ?saya sudah search banana backpacker, itu sedang tutup dan renovasi,

    terima kasih sebelumnya

    Salam
    Jenny

    • 12 september sepertinya sudah masuk musim gugur mas. setahu saya, banyak teman ke seorak san itu naik bis saja. terus kalau soal waktu saya kurang tahu kalau pergi pagi pulang sore. sepertinya sih bisa. dulu pernah dengar teman seperti itu. tapi tolong dicek lagi kalau sudah sampai ke korea.

      kalau penginapan saya gak punya pengalaman di hotel seperti banana. tapi kalau harga yang sama dengan di Indonesia, bisa coba ke Ibis atau novotel. tapi memang tempatnya tidak di daerah nam dae mun. kalau mas cukup santai dan gak punya banyak bawaan, mas bisa ke namdaemun saja dulu, lalu berjalan kaki mencari “Motel” atau “Guest house”. Setahu saya harganya cukup miring. bisa 30-50 rb won semalam. googling pun bisa.

  6. nana says:

    Ass wr wb, salam kenal ya mba…

    wah enak ya mba di korea, gimana kalo masalah makannya, susah ngga’ nyari tempat makan untuk muslim?… boleh minta alamat emailnya ngga’ mba?…hehe..
    Terima kasih banyak ya mba…

    • salam kenal juga nana…

      di Korea sebenarnya banyak yang bisa kita makan. hanya saja, kita harus tahu banyak tentang makanan Korea dan juga bisa berbahasa korea supaya bisa menanyakan untuk meyakinkan ada kandungan makanan seperti babi, ayam dan sapi (yang tidak disembelih) atau makanan lain yang mengandung unsur haramnya…

      boleh, kontak saya di coxon_3011@yahoo.com

      • HESTI says:

        Assalammualaikum wr wb
        Saya ada rencana ke Seoul bulan November selama 4 hari, saya minta bantuan anda untuk jadi guide selama saya di Korea, bisa nggak? Makasih , Wassalam

  7. nzam says:

    salam ukhuwah…waa,truja sih mau ke korea stlh bca blogny…sy rencnanya bulan Feb 2012 ke sna..skitar 9 hari sih..gmna ya cuacanya buln Feb nntiny..ada ngak sugesti di seoul tpt mna aja yg WAJIB diknjngi..

    trima ksih…

    Klein

    • halo. kalau bulan februari lagi dingin2nya tuh. masih bersalju. kalau lagi musim dingin mending main ke : lotte world, istana gyeong bokgung, seoul tower, seoraksan, belanja di insadong, nam dae mun, dongdaemun, dll. masih banyak. hehe. tp siap2 baju yang super tebel ajah.

    • wah, adin kurang tahu. mungkin kalau sampai 5 hari gitu bisa ditawarin aj 150-200rb won. untuk 5 hari itu mbak. mungkin ada yang berminat. :D paling enak kalau punya temen disini. :D Jd aling mbak bayarin dia masuk ke tempat2 yg mau mbak kunjungi saja. :)

    • hi mbak feby. semua daerah yang saya jjelaskan di ata itu berada di Kota Seoul. Sedangkan Incheon sudah beda kota lagi. Jadi semuanya sama2 jauh dari Incheon atau gimpo. Tapi kalau ditanya mana yang paling dekat, Yeouido.

  8. artika says:

    Hai mbak…q ad rencana ksna sktr akhr tahun 2012 atw pertengahan thn 2013..q bsa mnta fb mbk??y ntr biar gmpg hub i nya.khamsahamnida….

  9. Andre says:

    Aslm mba, di korea lagi nuntut ilmu ya..???
    wah senengnya bisa kesana., btw sy mau ke korea mungkin insyaallah di tahun 2012 pertengahan., jadi sy ga ngerti ama bhs korea., nanti disananya sulit ga ya mbk.,
    trus disana mahasiswa indonesia kuliah biasanya ngambil jurusan apa mbk.?
    trimakash,.

  10. Titi says:

    Ass. wwb, salam kenal…
    26 september 2011kmrn saya berkesempatan ke Seoul, bener mbak jalan-jalan di seoul cukup mudah, nyaman dan aman, tanpa guide pun sebetulnya kita bisa jalan sendiri disana… biasanya di subway sta tersedia map seoul subway yang bisa kita ikuti. Di map tersebut ada petunjuk tempat-2 menarik yang bisa kita kunjungi. lengkap dengan petunjuk subway line dan exit berapa kita keluar. Kalau mau naik subway sebaiknya beli T-money dulu (bentuknya lucu spt gantungan hp/kunci ada yang berbentuk hello kity harganya sekitar 5000 won) sebelum naik subway charge dulu T-moneynya di mesin charger di tiap stasiun, ada beberapa pilihan uang yang mau dichargekan. Dengan T-money perjalanan kita lebih cepat dan dapat diskon terutama kalau butuh transfer line subway. Di dalam subway juga ada petunjuknya (berupa display) sudah sampai di sta mana. selain itu kalau kita tengok di luar jendela ada nomor sta nya. (misal: 213-214-215, artinya 2 adalah line 2, 14 adalah sta. sekarang, 13 : sta. terdahulu, 15 adl sta berikutnya, jika arah subway menuju no besar, (ada dua arah subway, menuju arah no besar atau no kecil, ada petunjuk arah panah di atas pintu masuk subway, jadi ga usah khawatir keliru arah). No sta asal dan tujuan bisa dilihat di map jadi kita bisa tahu arah subway yang musti kita pilih. Saran penting lainnya, jalan pilih penerbangan yang tiba di seoul malam (sekitar pukul 9 pm) kalau delay sampai melebihi jam 11 p.m. (keluar imigrasi) dijamin kita nggak dapat bus incheon-seoul, mungkin kita bisa naik AREX menuju seoul, tapi sangat riskan krn kereta terakhir sekitar jam 12 p.m. dan bagi pemula harus belajar beli tiket di mesin (bisa dipelajari lewat youtube, googling aja). Kalau naik Taxi mahalnya minta ampun. Demikian moga bermanfaat bagi yang mau perjalanan ke Seoul (korsel).

    • halo. saya di jeju kemarin hanya sebentar itu pun gak jalan2 kemana2. yang saya tahu, mereka banyak makan babi hitam. disitu kayaknya terkenal sekali. tapi berhubung saya muslim, saya gak bisa makan. :D

      • ooo… gtu… tapi untuk mkanan yg halal ada aja kan yang jualx dsna…?
        btw kl kita org baru berpergian sendiri apakah aman dsna… b.ingrs saya buruk sekali. n.saran apa aja kl mau jalan2 dsna… mksh

      • susah mbak makanan halal disini. kalau mau bawa makanan dr indonesia. rendang, pop mie, sozis, yg praktis2 gitu mbak. atau kl mau makan halal, makannya di itaewon aja mbak. disana banyak restoran halal turki, pakistan, dll.

        kl untuk korea dibandingin arab, malay, singapore menurut saya jauh lebih aman. kl soal bhs inggris, santai. orang sini juga gabisa bahasa inggris. tp kl petunjuk arah, brosur2 wisata ya adanya bahasa inggris. :D

      • hahaha… saya co mba… he :D
        ooo gtu ya… siplah…
        btw skli lagi tanya soal jaringan internet gmn mba…
        ssh ga mendapatkan jaringan wifi di sna…
        n.untuk ponsel apakah harus ganti kartu. supaya cepat accses internet.
        tlg saranx… mksh

      • disini wifi dimana2. cuman masalahnya ga semua gratis. di subway gak gratis. kita harus punya id untuk akses. dan gw gtau id apa itu. :D tp insya Allah berguna lah bawa gadget yg bisa konek wifi kek laptop mini, tab, i phone, bb, dll.

        kl soal ponsel, lo harus aktifin dulu untuk bisa dipake di korea pas di indonesianya. dan hp lo mesti minimal 3g. supaya ttp bisa dipake disini. layanan internetnya juga bisa dipake, tp lo mesti urus itu semua di indonesia. disini tinggal diaktifin aja. soal beli nomor disini, gak segampang di indo. jd mending gak usah beli nomor sini. ribet juga. kl mau gampang, tp mahal, biasanya di airport ada pejnyewaan hp. disitu lo bisa milih tipe hp yg bs internetzn. tp yaitu mahal. :D atau kalau lo nginep di hotel, gw dulu nemu di ibis seoul. di kamarnya ada hp yang bisa kita pake, free hpnya, tppulsanya nanti dicharge di bill hotel. tp hp nya butut, cuman bisa tlp n sms. :D

    • waduh mbak, sulit menjawabnya. karena jalan2 pun banyak macemnya. :D untuk estimasi sendiri, di seoul sekali makan butuh 6.000-10.000 won. Penginapan, bisa 10.000-200.000 won. subway sendiri rata2 hbasic farenya 1000 won. untuk tempat wisata, ada yg gratis ada yg bayar. bisa dilihat di website, googhling saja. beitu juga dengan tiket pesawat. bisa cek ke airasia yg murah. :)

    • friendly maksudnya mbak?

      hmmm. kalau boleh menyimpulkan. rata2 orang korea itu gak friendly sama foreigner. alesannya karena mereka malu gabisa berbahasa inggris dengan baik. jadi kalau kita yang memulai dan menggunakan bahasa korea, mereka rasanya langsung berbeda. kalau masalah kasar, iya, gerak gerik mereka emang kasar. macam nutup pintu, gaya ngomong, itu juga kalau dibandingin orang jawa. :) tp mereka rata2 baik. lagi-;lagi, rata2. disini kriminalitas rendah. jd kasar tuh lebih ke gaya.

  11. septy diantari says:

    Assalamualaikum wr.wb
    Hola mb adin :)
    Salam kenal ya
    Aku septy dari bali,wah asik skali bs tinggal n blajar dsana :),,
    Septy mau kesana taun dpan tgl 29 sept – 06 okt
    Kira2 mba adin masih disana?
    Bole tau alamat fb atau twitter kali aja pas aq disana bs kontak2an :)

    • saya sering dapet pertanyaan kayak gini. dan bingung jawabnya. lebih baik siapkan rencana perjalanan kemudian baru kasih tau saya uang sekian cukup atau gak. karena cukup atau gak cukup itu bener2 tergantung mau ngapain disininya. :)

  12. pipit says:

    ass….mba salam kenal ya
    mba di sana mba kuliahnya gimana caranya mba…dan juga mba ngambil kuliah apa aku pengen banget kesana mba ceritain ya

  13. edsalatina says:

    Assalamualaikum. Salam kenal sebelumnya mba.

    Q mau nanya2, q pngen bgt jalan2 k seoul tp takutnya visa ga diterima. Emank kl buat visa itu hrs pake surat invitation ya mba walaupun niatnya cm jalan2?
    Trs uang qt d rekening bank jg mempengaruhi buat bikin visa ya?

    Makasih sebelumnya atas jawabannya. :)

    • waalaikumsalam. salam kenal juga. :)

      gak mesti bikin surat invitation kok kalau buat jalan2. tp emang kalau misalnya ada invitation dr kenalan disini, lebih bagus. lebih gampang keterimanya. kl gak, mungkin mereka akan cek kamu tinggal dimana nanti? ada bukti udah booking hotelnya? tabungan brp? gitu2. uang di rekening itu wajib dan minimal 50juta kalau gak salah. apa 25 juta yah. saya lupa. :D

  14. ika prapta says:

    halo saya ika prapta dari bali , pengen bngt jalan” ke seoul :D bhs ing lumayan , tpi bhs korea ny burul :(

    berpan kira” dsna harga hotelny mbak ?

    • halo ika prapta. salam kenal. :) sebenernya di korea sendiri gak semua orang korea bisa bahasa inggris. dan lumayan sulit untuk beli2 nanya2 dengan bahasa inggris. tp tenang aja. di seoul, petunjuk apa2 jelas. kalau bisa rencanain perjalanan mau kemana, dan naik apanya. jadi nanti disana dah tau tinggal liat2 petunjuk. kalau hotel berdasarkan pengalaman saya dulu di Ibis Hotel Seoul, itu sekira 900rb rupiah per malam. kalau di motel bisa dapet 240rb rupiah per hari.

  15. ifal says:

    mbaak salam kenal yaaa
    kalo disana cari beasiswa gmn ya,tp g erlalu bs bahasa koreaaa ada info gak mbaknyaa..katanya bulan febuari untuk itu lagi rame ..mnta infonyaa yaaah

  16. yohanna magdalena says:

    mbak,sy sdh bli tiket ke korea tujuan sbnrnya daejon, tapi sy bingung, ntar balik incheon-ckg 9.35 pagi. Yg sy mo tanyakan spy sy tdk telat boarding apkh sebaiknya shari sblmnya sy hrs nginap di incheon, seoul atau bisa lngsg dr daejon? kan ktnya subwaynya jamnya tertentu? mhon infonya ya mba.. tq bgtt

    • saya kuran tahuu kalau dr daejeon. kalau saya tinggal di cheongju. dekat daejeon. kalau dapat pesawat jam segitu ada bis dr kota saya yang langsung ke bandara mulai jam 5.00 pagi. jd bisa ke incheon. sebagai tambahan info, daejeon dari kota saya sekitar 30 menit. jd harusnya bisa brgkt dr daejeon ke incheon naik bis langsung ke bandara tanpa perlu menginap di insheon dulu.

  17. Patria Adi Nugraha says:

    assalamualaikum.

    wah beruntung nih nemu blog nya, bermanfaat hehe.
    saya ke korea tanggal 27 juni – 8 juli, mau nanya tentang makanan halal disana Seoul dan sekitarnya. susah ga sih untuk nyari/dapetinnya ? makasih

  18. fetrisiaputri@ymail.com says:

    mba, saya rencananya insyaallah akhir mei ini mau ke korea bareng tmn2.. kita mau wisata murah aja.. ntar kalau udah sampai bisa kontak mba ga ya?? soalnya kita bnr2 belum pernah ke korea..makasii..

  19. stephanie says:

    iihhkk kk enk bgt . .rencana akhr taun mau ke korea niihhh . . kk msh stay dsana ?? bolehlaah mnta tolong jd guide dadakan . . . salam kenal kk . .

  20. Achmad says:

    Saya rencananya bersama keluarga akan berangkat ke Seoul tgl 27/10/12 sekitar 7hari, bagusnya menginap dimana? Musim apa bulan itu? Kalau mau sholat Jumat Kemang ya? Nah objek wisata yg bagus untuk anak Kemana ? Terima kasih jawabannya

    • tergantung budget pak. :D kalau misalnya mau yg murmer bisa di ehwa women univ, hongdae. kalau yang pertengahan bisa di ibis seoul atau sewa apartemen di hyundai apateu di dongdaemun, bisa masak. kalau mau jumatan, bisa ke Itaewon pak. nama stationnya Itaewon juga. obyek wisata yg bagus untuk anak sih kayaknya everland, lotte world, children grandpark, wax museum di 63 building, main sepeda di yeouinaru…

  21. Erni says:

    Assalamu’alaikum..Saya ada rencana ke Korea bulan Oct 2012, boleh tanya ngga kalo dari Seoul ke Jeju tiket pesawat PP kira2 berapa ya biayanya, dan bisa kita beli online dari Jkt ngga atau punya webnya ? Dan punya kenalan ngga untuk tour yg murmer buat kurang lebih 7 hari untuk ngunjungi seoul, nami island,mt,sorak, everland,jeju , klu punya minta no telpnya ya say..

    Thx

  22. Enny says:

    Ya aku mau dong kl ke korea di temenin ya..salam kenal ya….Siapa tau nanti kesana kl jalan sendiri bisa mandiri,,,,

  23. dita' says:

    mba, mau tanya soal musim di korsel, waktu summer suhu disana sampe berapa derajat celcius? apa panasnya kayak di Indonesia?

  24. rizki karunianti says:

    hai sist..aslm…salam kenal ^_^
    bisa sharing info soal homestay disana gak? rata2 berapaan biayanya? mau jalan sendiri tu tapi gak ada teman yg bisa diajak, maksudnya biar bisa ngrasain nginep di hostel2 gitu, jalan2 sendiri pake bis or subway…mau ikut homestay kok ya kayaknya mahal…. *galau.com* :) tengkyu

    • wah kalau homestay saya gak tau mbak. gak penrnah nyoba., kalau nyari hostel murah sih, biasanya di daerah hongik university. tp kalau mau nyaman n aman, belinya di agoda. :D hehe.

    • hmm pertanyaan yang sulit dijawab. :D tergantung apa yg dicari. kl mau nyobain ski, ya musim dingin. kalau mau liat bunga2 cantik ya spring awal2. kalau mau jalan2 main2 kek everland gitu2, fall bagus.

      kalau pendapat saya pribadi, saya lebih suka ke korea bulan2 april gini atau oktober.

  25. dita' says:

    spring di korea sekitar bulan apa mba? suhu sekitar berapa derajat? itu kalo bulan april musim apa? kalo oktober? hehe maaf banyak nanya :)

  26. dita' says:

    aku pengin banget backpacker ke korsel mba.. btw ngeri gak ya? secara saya ber-6 sama temen2 dan itu cewek semua dan gak ada yg bisa bhs korea/mandarin. modal kita cuman english. Soal transportasi, guesthouse yg kami taksir ada di daerah hyehwa, apa lokasi wisata disana misalnya di seoul; chunggyeonggung palace, insandong, myeongdong apa bisa dicapai dengan jalan kaki?
    Lalu untuk subway, untuk kami yg hanya bermodal english apa gak akan menyulitkan? tarif untuk naik subway boleh minta info bagaimana dan berapa? hehe. makasih banyak mba.. itu pertanyaanku yg sebelum ini juga tolong dijawab ya.. heehhe. gumawo~

    • korea sih aman. gak masalah mau cewek atau cowok. sejauh yang saya alami. :D kalau bahasa, selagi cuman di seoul, semua petunjuk make bahasa inggris kok. siapin aja mesti naik kereta apa ke sananya.

    • iya masih musim semi. tapi udah gak dingin lagi. mungkin kayak bandung kali yah. jaket sih bawa aja, tp jaket tipis. kali aja ngunjungin daerah2 yg banyak angin.

  27. dita' says:

    kak bisa minta info kalo mau booking mahasiswa/i indonesia di korea yg bisa bantu jadi guide kalo aku mau liburan ke korsel?

  28. neily says:

    salam knal yaa..
    kbetulan tgl 19 juni ini aq mau ke korsel (seoul)
    lg musim apa yaa skrg??
    trus boleh share gak untuk hrga2 brg di sna misalnya bju,pernak2 pernik kisaran brp??
    biar aq bisa siaapin brp yg hrus d bwa
    thx yaa

  29. RiaRista says:

    assalamualaikum..

    salam kenal yah mba,,

    aku sama teman ada rencana insyaallah akhir tahun 2012 ini mau ke seoul, korea..
    kita sudah dapet tiket dan sedang mengurus visa..

    please advise untuk penginapan dan transport di korea yah mba, karena kita modal nekat aja mba untuk pergi ke sana..hehee

    • kalau penginapan coba ke Phil Guest House. Banyak yg rate dia bagus n murah. terutama kalau milih kamar yg tipe dorm. googling aja websitenya. atau gak cari di agoda. kalau transport. bergantung sama tempat2 yg mau dikunjunginnya mana aja.

  30. irma says:

    Assalamu ‘alaikum mba, salam kenal..
    Aku rencana liburan ke seoul bulan mei tahun depan, kira2 di bulan itu udh masuk spring ato masih winter ya? Aku naik AA landing di Incheon, dari sana ke Seoul paling murah dan cepat naik apa ya, ada subway ga? Rencananya liburan 3 hari disana, kira2 waktunya cukup ga ya untuk ke tempat2 wisata di seoul, misalnya istana gyeongbokgung, everland, dongdaemun market,dll… bagusnya kemana aja ya selama 3 hari itu? Tempat makan halal di daerah dongdaemun ada ga ya? Many thanks ya mba…

    • waalaikumsalam.

      itu udah masuk spring mbak. kalau paling murah dan cepat susah mbak. kl murah ya naik subway. kalau cepat ya naik bis. kalau subway lama. kalau is cepet. kalau 3 hari, di seoul aja, cukup mbak. asal gak pake nyasar. :D disiapkan saja itinerarynya yg lengkap plus info2 transportnya kalau mpat makanan halal di dongdaemun, susah mbak. kecuali mbak bisa bahasa korea, ada beberapa masakan korea yg bisa di makan. atau mbak bisa cek link saya yang ini http://ndabageur.wordpress.com/2012/06/21/pertolongan-pertama-bagi-muslim-lapar-di-korea/

      • Irma says:

        Thanks for reply mba, oiya mo nanya lagi kalo mau ke nami island dari dongdaemun market atau itaewon jauh ga mba? Apa ada jalur transportasi umum kesana atau dari nami ke dongdaemun selain taxi? Trus gmn transpotasi selama di nami island apakah in walking distance atau ada bus buat keliling2 lokasi syutingx winter sonata itu?

      • Patria Adi Nugraha says:

        For mba Irma, kalo mau ke nami island bisa pake bis atau subway. Tapi saya saranin naik subway turun di gapyeong station dari situ tingga jalan sekitar 20 menit ke entrance nami island. Di dalem nami island bisa pilih mau pake tour guide atau ngga biaya nya 10rb won klo ga salah .

      • Ika Mustika Sari says:

        Hallo, aku mau nanya dong insya allah kalo jadi aku mau ke korea 10 setelah lebaran ini..aku perginya sama tante aku dan teman-temannya tante aku..yg aku pengen tanyain itu yg masalah tabungannya yg nilainya harus sebesar itu..aku kan perginya sama tante aku tuh jadinya aku tetep harus diliat tabungannya?

  31. siska says:

    salam kenal mba… saya ke korea libur lebaran ini. tepatnya tgl 23 agustus ke KL dl lalu tgl 24 Agustus nya baru ke seoul.  saya hanya 4 hari 3 mlm saja,  itupun nyesel knp ga lbh lama lg :( mohon dibantu ya mba untuk beberapa pertanyaan saya ini :1. apakah panas sekali disana pd akhir bulan agust?2. krn saking mepetnya jadwal di seoul, sy rencana hari pertama sampai di seoul pd sore hari, akan ke lotteworld sampai malam, krn menurut informasi lotteworld tutup s/d jam 11 mlm. apakah memugkinkan? kendaraan ke lotteworld naik apa jika dr dongdaemun (hostel sy di sana).3. di nami island ke mt sorak naik apa? dan apakah memungkinkan jika dr mt sorak sy lgsg pul ke seoul (pulang hari)? krn informasi yg sy dpt ke mt sorak butuh wktu 4 jam. jika tidak memugkinkan, sy rencana dr nami lgsg ke everland, naik apa?terima kasih banyak mba… :)

    • panas sekali mbak. mungkin sekitar 30 derajat.

      memungkinkan untuk lotteroldnya asal keliling seounya gak pake nyasar/ :D

      drpd ke seorak san mending ke everland. karena seorak san butuhwaktu lama dan pemandangan summer kurang begitu bagus. kalau dr nami island ke everland jauh juga. naik subway dr gapyeong station ke 건대입구역 line 2. abis gitu naik bis nomor 5700.

  32. Shirley says:

    Hai mbak,, thanks ya buat info nya bagus sekali.. ada yang mau aku tanyain.. mbak tau gak transportasi ke jeju dari seoul selain naik pesawat? trus, penginapan yang paling strategis itu daerah mana ya? karena aku mau stay di satu tempat terus terusan, jadi gak perlu cape pindah pindah.. thanks in advance :*

  33. melani chandra says:

    Salam kenal….saya Melani ….. kami sekeluarga akan ke Korea pada bulan Maret 2013 bisa di kenalkan sama pelajar Indonesia untuk menjadi Guide kami ? Soal biaya kami tidak keberatan. Kami ber 4 ( 2 putri dan saya serta suami ). Dan juga apa bisa di bantu soal penginapan yang bisa kami tinggali ? Tx ya…..GBU

    • ning says:

      @mb melani rncn ke korea bln maret’13 nya tgl brp? Kebetulan aku jg ada rncn ksna tgl 27 mrt’13 – 2 Aprl’13 siapat tau qt bs bareng heee…..

  34. asa says:

    Terimakasih artikelnya , bagus banget.
    Saya cuman kasih saran juga yang lain , kalau mau wisata bagusnya selain nyari info di internet , lebih bagus lagi kalau beli buku panduannya di toko buku toko buku sekarang banyak kok yang jual …infonya lebih komplit , lebih untung , harga buku nggak begitu mahal , dibanding kalau nyasar nggak tau arah….

  35. brenda says:

    Hai mba, wah seru nih baca blog mba….sgt bermanfaat.
    Aku rncn akan ke korea tgl 23 sept ini, tapi sama tour jadi sudah terjadwalkan.
    btw, sekarang disana lagi musim apa ya? Mau persiapan packing nih…butuh advise supaya sesuai. Thanks :)

  36. Ass.wr.wb.
    Dear Adin,
    aku kirim imel tadi…
    mo minta tolong dicariin guide mahasiswa Indonesia di Seoul
    buat tanggal 21-23 Oktober 2012..
    Bisa yaaaa…..

    Ato Adin sendiri bisakah klo gk lg nge-lab di tanggal itu?
    Aku berdua temenku, cewek-cewek…
    Makasih banyak yaaa…

  37. Eko says:

    Saya mau ke korea tgl 15-25 Oktober 2012 ini, kalo ada yg pas bareng berangkatnya … silahkan hubungi 0816108843 … makasih

  38. rifqi rizaldy says:

    hallo mba adin salam kenal ,

    mba kira kira disana penginapan yang super duper murah ada gak ? kira kira kaya di indo juga. soalnya budget backpaker mba :D

    @mas eko

    boleh minta alamat emailnya mas , ada yg mau di tanyain ,

    terima kasih semuaa

    • super duper murah itu biasanya nginep di jimjilbang. atau kamar berendam. banyak sekali di korea tempat kayak gini. tp emang privacy gak ada. kalau mau murah lagi, silahkan googling cari hostelworld. disana banyak info hostel murah. model2 asrama gitu. jd sekamar bisa 6-8 kasur. dan dapet loker. nah itu biasanya harganya bisa 100.000 rupiah an kalau di konversi ke rupiah.

  39. purpbee says:

    Hai mbak. Saya dan temen2 ada rencana ke korea awal sept 2013 (masih lama bgt yah) dr tgl 6-12sept. Nah yg kita ragu masalah cuaca disana, takut saltum. Berdasarkan pengalaman mbak itu masih summer atau udah masuk autumn? Perlu bawa baju dingin gak? Terima kasih sebelumnya :)

  40. arie winahyu says:

    Sist, salam kenal yaa…
    Aku arie…Insya Allah tgl. 9 ato 10 november 2012 aku ke korea utk urusan kantor yg lumayan lama…mungkin sekitar 2 bulan… Boleh ya kalo aku kontak dirimu via e-mail? Thx a lot before and after… ;)

  41. Assalamu Alaikum ^_^

    Salam kenal ya mbak, kebetulan saya dan suami berencana mengeluarkan paket tur hemat seoul tapi kita masih ngegoogle tempat2 mana saja yang bisa kami masukkan ke paket kami buat di kunjungi di sana. Rencana paketnya kemungkinan besar kita rancang di pertengahan tahun 2013 sekitar 6-7 hari (berdasar jadwal Airasia)
    Saat ini kami berusaha untuk mengetahui budget untuk transportasi dengan penyewaan bus wisata dan tempat2 makan yang halal di sana.
    Kira2 mbak tau gak ya perusahaan coach / bus wisata murah di sana ?
    dan kalo memang mbak masih di sana hingga akhir 2013, kita kemungkinan besar butuh guide yang bisa bahasa Indonesia ^_^ jadi mungkin mbak ada info untuk itu.
    Makasih ya mbak atas waktunya… ^_^

    • maaf saya gak punya info sewa bis di korea. kalau proses lancar, saya berencana lanjut kuliah agi 2013 di Korea. karena skrg saya di Indonesia. Kalau semua lancar, insya Allah bisa kontak saya lagi untuk guide akhir 2013

  42. iyna says:

    kak, aku rncna nya mau liburan ke seoul. tiket PP nya biasanya brpa yah? trus kira2 kalo disana semingguan, mesti nyiapin uang kira2 berapa? makasi sebelumnya :)

    • yang paling murah yang pernahs aya dapetin dulu 1.7 juta PP. airasia. dan promo. tp skrg dah jarang. suami saya kemarin sekali jalan 2 jt. PP 4 jt. kalau seminggu, sebenernya ga terlalu ngaruh ke uang. yang ngaruh itu mau ngapain aja selama seminggu disananya. dan itu bener2 bisa beda2 tiap orang. jd mbak mau ngapain aja seminggu disana? baru bisa kita kira2

      • iyna says:

        aku rencana seminggu disana buat jalan2, jadi kira2 banyak abis ke transport sama makannya, paling cuma ditambah belanja oleh2 sedikit. oya terus sarannya datang ke seoul bagusnya kalo lagi musim apa ya? makasi mbak ^^

  43. Aang says:

    anak saya namanya aang, usia 10 tahun anak SD kelas 5, Insya Alloh tanggal 5 April 2013 akan ke korea, makanan apa yang harus di bawa??? kalau belanja bisa ga yah buat beli2 kaos atau sepatu …. berapa bekal yang harus di bawa??? kalau gede2 bawa uang juga takut ga bisa gunakan hehe
    gitu aja deh mohon info nya

    • kalau anda muslim, lebih baik banyak membawa bekal seperti pop mie, bubur instant, quacker oat. karena sulit mendapat maknan halal. snack2. dll. kecuali kalau di koreanya bareng orang yang sudah hafal daerah makanan hala disana. kalau kaos2, tergantung kaos seperti apa. kaau kaos yang tulisan korea di insadong bisa dpt 5000-20000 KRW.

  44. andi ar says:

    hallo namaku andi aku ingin ke korea bulan april aku ingin liburan kesana, tapi g ada temen nya.klo ada yg mau kesana bareng aja biar ada temen nya. aku anak universitas negeri jakarta baru lulus. jadi pengen represing dulu. klo ada yg mau kesana hubungi aku yah. nih FB ku = andi_anduk77@yahoo.co.id. nama nya andi ar. kk klo aku kesana nanti kasih tau tempat yg bagus untuk dikunjungi yah.terimakasih

  45. tons says:

    hallo mbak, senang mendapat info yang mbak tulis, mbak aku mau minta bantuan, rencana aku bulan oktober tahun ini mau ke korea tepatnya di daerah daejeon dong nam gu busan. Apakah mbak punya kenalan guide bahasa indonesia atau travel agent korea yang bisa atur perjalanan kami. rencana 13 october kita berangkat dari indonesia dan kembali tanggal 21 october. rencana kami 20 orang mohon bantuan dan infonya ya mbak.

  46. ahmad suprianto says:

    hallo mbak mau numpang tny, kalo di jeju island transport nya gmn ya? ada mrt ky di seoul kah?
    thanks b4

  47. petra says:

    thanks infonya , mau nanya kemrin waktu travel ke korea , perlu pake dana jaminan ga ? soalnya ada kabar bredar begitu . makasih ya sis ツ

  48. lala says:

    assalamualaikum , mb tau beberapa kenalan indonesia yang disana jadi tourguide gtiu ? , soalnya q ada rencana kesana tapi gak tau situs yang benar-benar menginformasikan guide disana yang berbahasa indonesia . tolong info ya yang tau :) makasih

  49. nina says:

    Ass dek,salam kenal ya
    Saya ada rencana tgl 24 sept – 2 okt 2014 akan ke soul,krn belum ada pengalaman d sana boleh tdk saya minta tman / siapa aja lah utk jput n bw kita jln2 selama d korea,sy jg mau tanya ttg pulau jeju krn yg sy liat paketnya brangkat dr soul plang k soul lg,ada tidak yg plangnya ke busan klu paket,tq wasalam nina

  50. faralia15 says:

    hallo salam kenal ya :) boleh tanya ngga nginep di apartemen hongdae dimana dan berapa ya permalamnya? terima kasih :)

  51. Vivian says:

    Wahh ini msi dikorea ga ka?? Aku mau rencana kesana.. Tp aku bingung kalo sampai sana itu nginepnya gmn.. Booking hotelnya.. Trs embel2nya.. Belum lgi pengucapan inggrisku kurang.. :/ jdi mau mnta tolong nin ka.. Kasi info gitu..
    Ada email? Tlong hub saya di vivian.putri14@yahoo.com

    Ph ya teman2 yg rencana liburan dikorea bulan desember email dong.. Atau line aku id saaputri
    Bsa bareng gitu heheh.. Thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s